Liburan Sekolah, Wisatawan ke Bantul Tembus 47 Ribu

Ada TPR selatan JJLS antisipasi dibukanya Jembatan Kretek II

Bantul, IDN Times - ‎Memasuki libur sekolah dan menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), angka kunjungan wisatawan ke Bantul melonjak. Jumlah wisatawan pada pekan kemarin (12–18/12/2022) meningkat hingga 34,9 persen dibandingkan kunjungan wisatawan pada pekan sebelumnya (5–11/12/2022). 

1. Jumlah wisatawan selama sepekan mencapai 47 ribu orang‎

Liburan Sekolah, Wisatawan ke Bantul Tembus 47 RibuIlustrasi pengunjung Pantai Parangtritis, Bantul. (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Kasi Promosi dan Informasi Wisata Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Adi, mengatakan kunjungan wisatawan pada pekan kemarin mencapai 47.665 orang. Jumlah tersebut menyumbang pemasukan bagi pendapatan asli daerah (PAD) mencapai Rp462 juta. Sedangkan pada pekan sebelumnya, jumlah pengunjung sebanyak 26.415 orang dengan pemasukan PAD Rp256 juta.

"(Pada akhir pekan) ada kenaikan sekitar 25,3 persen kunjungan wisatawan ke Kabupaten Bantul," ungkapnya, Senin (19/12/2022).

Baca Juga: Daftar Objek Wisata Bantul Gelar Acara Pergantian Tahun Baru

2. Libur sekolah tiba, study tour tambah kunjungan wisata ke Bantul‎

Liburan Sekolah, Wisatawan ke Bantul Tembus 47 RibuIlustrasi pelajar sekolah. (IDN Times/Daruwaskita)

Menurut pria yang akrab disapa Ipung ini, naiknya kunjungan menjelang libur Nataru disebabkan oleh sejumlah sekolah yang sudah libur akhir tahun. Hal tersebut dimanfaatkan sekolah untuk melaksanakan study tour terutama ke destinasi Pantai Parangtritis.

"Parangtritis tetap menjadi destinasi paling favorit di Kabupaten Bantul," ucapnya.‎

Dengan tren kunjungan wisatawan yang meningkat jelang libur Natal dan Tahun Baru ini, Ipung berharap jumlah kunjungan wisatawan selama libur Nataru akan melonjak di Bantul.

"Kan ada prediksi kunjungan wisatawan ke DIY saat Nataru mencapai lebih dari 4 juta, harapannya wisatawan ini juga mengunjungi destinasi wisata di Bantul," tandasnya.

3. Bakal ada TPR di selatan JJLS antisipasi dibukanya Jembatan Kretek II

Liburan Sekolah, Wisatawan ke Bantul Tembus 47 RibuJembatan Kretek II. (instagram.com/pemkabbantul)

Lebih lanjut, Ipung mengatakan akan ada wacana pembukaan tempat pemungutan retribusi (TPR) di selatan JJLS sehingga wisatawan yang akan masuk ke destinasi pantai tetap dikenakan retribusi. Hal ini terkait pembukaan Jembatan Kretek II selama Nataru.

"Nanti wisatawan yang akan masuk destinasi pantai melalui JJLS seperti Pantai Samas hingga Pantai Baru akan dibuka TPR di selatan JJLS. Jadi wisatawan yang berkunjung ke Pantai Parangtritis dan Pantai Depok ingin berkunjung ke Pantai Samas hingga Pantai Baru tetap akan ditarik tiket masuk," ungkapnya.

Baca Juga: Libur Nataru, Berkunjung ke Pantai Selatan Bantul Makin Murah

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya