Libur Sekolah, 223 Ribu Wisatawan Kunjungi Gunungkidul

Ubur-ubur beracun ancam wisatawan di pantai

Gunungkidul, IDN Times - ‎Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul menyatakan selama libur panjang sekolah lebih dari 200 ribu wisatawan mengunjungi objek wisata di Bumi Handayani. Sementara, pendapatan asli daerah (PAD) dari tiket retribusi masuk objek wisata mencapai Rp1,4 miliar.

1. Tak ada target kunjungan wisatawan selama libur sekolah‎

Libur Sekolah, 223 Ribu Wisatawan Kunjungi GunungkidulTempat Penarikan Retribusi (TPR) objek wisata pantai di Gunungkidul. (Dok. Diskominfo Gunungkidul)

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Muhammad Arif Aldian, mengatakan pihaknya tidak menargetkan kunjungan wisatawan selama libur panjang sekolah. Namun, tercatat 223.258 wisatawan berkunjung ke berbagai objek wisata yang dikelola oleh Pemkab Gunungkidul.

"Kita tidak ada target jumlah wisatawan yang datang saat libur sekolah, namun yang datang lebih dari 200 ribu wisatawan," katanya, Kamis (14/7/2022).

Baca Juga: Tak Ada Siswa Baru, SD Kanisius Trengguno Gunungkidul Terpaksa Tutup

2. Objek wisata pantai masih jadi tempat favorit untuk dikunjungi‎

Libur Sekolah, 223 Ribu Wisatawan Kunjungi GunungkidulIlustrasi pengunjung objek wisata di Pantai Gunungkidul. (IDN Times/Istimewa)

Menurutnya objek wisata pantai masih menjadi destinasi yang paling banyak dikunjungi wisatawan menyusul desa wisata Nglanggeran dan Bleberan.

"Kunjungan wisata ke pantai kembali normal setelah sepi selama pandemik," ucapnya.

Arif menjelaskan, pihaknya terus berupaya agar kunjungan wisatawan terus meningkat dengan melakukan promosi dan menggandeng pelaku wisata di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Target PAD Rp27 miliar, 50 persennya sudah tercapai," ungkapnya.

3. Wisatawan di pantai diminta waspadai muncul ubur-ubur beracun‎

Libur Sekolah, 223 Ribu Wisatawan Kunjungi Gunungkidulubur-ubur physalia physalis (Wikimedia Commons/Thomas Löber)

Sementara itu Koordinator SAR Satlinmas Wilayah 2 Gunungkidul, Marjono, mengatakan wisatawan yang akan berlibur ke pantai diminta untuk mewaspadai munculnya ubur-ubur beracun pada pertengahan bulan Juli hingga bulan September mendatang.

"Sampai hari ini sudah ada 16 wisatawan yang tersengat ubur-ubur dan data kemungkinan terus bertambah," katanya.‎

Baca Juga: 5 Fakta Ubur-ubur Physalia, Sering Muncul di Pantai Jogja

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya