Comscore Tracker

Jelang HUT Bantul Ke-191, Ini Pesan Para Mantan Bupati

Program yang baik diteruskan, yang buruk jangan ditiru

Bantul, IDN Times - ‎Menjelang HUT Kabupaten Bantul ke-191 yang jatuh pada tanggal 20 Juli 2022, Bupati dan Wakil Bupati Bantul melakukan silaturahmi kepada para mantan Bupati Bantul.

Rombongan pertama yang dipimpin Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, didampingi sejumlah kepala dinas dan pejabat Bantul serta perwakilan dari Forkompimda, bersilaturahmi ke kediaman Suharsono di Padukuhan Demangan, Kalurahan Bangunharjo, Kapanewon Sewon, Bantul. 

Sedangkan rombongan kedua yang dipimpin oleh Wakil Bupati Bantul, Joko B Purnomo didampingi kepala dinas dan pejabat Bantul serta perwakilan dari Forkompimda Bantul bersilaturahmi ke kediaman HM Idham Samawi dan Sri Surya Widati di Jalan Menur, Baciro, Kota Yogyakarta.

Lalu apa pesan dan kesan para mantan Bupati Bantul ini menyambut HUT Bantul ke-191?

Baca Juga: Gerindra Bantul Siapkan Erna Suharsono untuk Pilkada 2024

1. Tugas pemimpin melaksanakan pembukaan UUD 1945 alenia ke-4‎

Jelang HUT Bantul Ke-191, Ini Pesan Para Mantan BupatiMantan Bupati Bantul, HM. Idham Samawi.(doc.istimewa)

HM Idham Samawi mewakili dirinya dan istri, Sri Surya Widati yang juga mantan Bupati Bantul ini menekankan pentingnya Pemkab dan Forkompimda Bantul untuk betul-betul bisa mewujudkan cita-cita proklamasi kemerdekaan RI yang tertuang dalam alenia ke-4 pembukaan UUD 1945.

"Kalau dalam konteks Kabupaten Bantul, maka Pemkab Bantul harus bisa melindungi segenap rakyat Bantul, memajukan kesejahteraan rakyat Bantul, mencerdaskan rakyat Bantul dan ikut melaksanakan ketertiban rakyat Bantul. Pada waktu saya menjadi Bupati Bantul yang saya lakukan empat perkara tersebut," ujarnya, Senin (27/6/2022).

"Ketika Pak Jokowi dilantik pada periode pertama, kebetulan saya ketemu saat makan malam. Saya minta kepada beliau jika pidato pertama kali sebagai presiden dan kepala negara mohon saat pidato dikutip alenia ke-4 pembukaan UUD 1945. Kemudian Pak Jokowi tanya kepada saya, 'lho kenapa Pak Idham?' Kemudian saya jawab, itu tugas pokok fungsinya presiden RI. Dan saat pidato pertamanya beliau mengucapkan hal tersebut," tambahnya.

Anggota DPR RI dari Fraksi PDIP ini juga mengatakan kunjungan kenegaraan Presiden Jokowi ke Jerman, Ukraina, dan Rusia, itu tengah mengamalkan perintah proklamasi yang keempat yakni ikut melaksanakan ketertiban dunia.

2. Pentingnya generasi muda Bantul yang cerdas‎

Jelang HUT Bantul Ke-191, Ini Pesan Para Mantan BupatiIlustrasi pelajar SMP.(IDN Times/Daruwaskita)

Lebih lanjut, Idham kembali menekankan perlunya mencerdaskan rakyat Bantul. Saat menjadi Bupati Bantul, dirinya menganggarkan Rp2 miliar untuk menyekolahkan para guru dan harusnya anggaran itu diberikan selama masih ada bayi yang lahir di Bantul.

"Anak-anak Bantul harus dicerdaskan, sehingga guru juga harus cerdas. Ilmu pengetahuan itu bertambah terus, jadi kalau guru mengajar saat ini masih sama mengajarnya untuk 10 tahun yang akan datang, bagaimana muridnya akan cerdas," ujarnya.

"Ya harapannya nantinya anak Bantul itu bisa jadi menteri, jadi presiden, tapi jangan jadi Gubernur DIY karena nanti akan kualat," tambah politisi PDI Perjuangan ini sambil berkelakar.

3. Menjadi pemimpin Bantul harus sabar

Jelang HUT Bantul Ke-191, Ini Pesan Para Mantan BupatiMantan Bupati Bantul, Suharsono. (IDN Times/Daruwaskita)

Sedangkan, Suharsono yang bertemu dengan Halim berharap apa yang telah dilakukannya selama memimpin Bantul akan diteruskan oleh Bupati Bantul saat ini. 

"Teruskanlah yang baik-baik dan yang buruk jangan ditiru," katanya.

Pensiunan Polri ini juga meminta dalam memimpin Bantul harus lebih sabar. Sebab, memimpin rakyat tidak mudah. Meski tujuannya baik, pasti ada yang pro kontra. 

"Misalnya pohon yang sudah rindang kok dipotongi. Ya saya diam saja. Kan tidak ada bupati menginginkan Bantul rusak. Namun setelah dipotong diganti pohon baru yang sudah rindang, tidak ada yang mengatakan sekarang bagus. Isone mung nyacat (bisa cuma mencela," tuturnya.

"Ya (bupati) siap dicela, wong pro kontra itu pasti ada. Sudah saya kasih contoh yang baik. Yang paling penting kalau kerja jangan menyimpang dari aturan dari rel yang sudah ditentukan," ucapnya.

4. Para mantan bupati diminta tetap memberikan pendampingan dan arahan kepada Pemkab Bantul

Jelang HUT Bantul Ke-191, Ini Pesan Para Mantan BupatiWakil Bupati Bantul Joko Purnomo (kiri). (IDN Times/Daruwaskita)

Sementara, Joko B Purnomo mengatakan setiap tahun Pemkab menggelar hari ulang tahun Kabupaten Bantul, tradisi yang mengandung nilai-nilai Pancasila terus dilestarikan. Salah satunya, bersilaturahmi dengan para mantan bupati dengan harapan tetap bisa mempererat persaudaraan.

"Kami masyarakat Bantul dan Pemkab Bantul sangat bangga dan mengucapkan terima kasih atas pengabdian yang telah memberikan banyak hal untuk pembangunan, kesejahteraan bagi masyarakat Bantul dan dilanjutkan dengan amanah menjadi anggota DPR RI sangat banyak sekali bantuan yang diberikan kepada masyarakat Bantul," ujarnya.

Pemkab Bantul dan masyarakat Bantul tetap berharap pendampingannya, kritik dan sarannya untuk tetap mendampingi Bantul karena berbagai program yang diberikan masyarakat Bantul sangat bermanfaat.

"Banyak program yang dibawa oleh Pak Idham sebagai DPR RI dari pemerintah pusat yang sangat bermanfaat bagi masyarakat mulai dari saluran irigasi, bedah rumah, pembangunan bendung, embung, pembangunan sekolah dan masih banyak lagi," kata Ketua DPC PDI Perjuangan Bantul ini.‎

Baca Juga: Libur Sekolah, Kunjungan Wisatawan ke Bantul Naik 42 Persen

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya