Momen Imlek, Okupansi Hotel Bintang di Bantul Baru 70 Persen‎

Lonjakan wisatawan akan terjadi di sejumlah objek wisata 

Bantul, IDN Times - ‎Momen libur panjang akhir pekan ditambah cuti bersama Tahun Baru Imlek 2023 telah tiba. Namun, Badan Pengurus Cabang (BPC) Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Bantul menyebut momen tersebut tak signifikan mendongkrak okupansi hotel bintang yang ada di Bumi Projotamansari.

1. Tingkat hunian hotel menurun dibandingkan Nataru

Momen Imlek, Okupansi Hotel Bintang di Bantul Baru 70 Persen‎Antrean kendaraan di Jembatan Kretek. (IDN Times/Daruwaskita)

Ketua BPC PHRI Bantul, Yohanes Hendra Dwi Utomo, mengatakan berdasarkan laporan dari pengusaha hotel berbintang di Bantul, tingkat hunian di Bantul saat libur Imlek 2023 hanya mencapai 60-70 persen. Angka tersebut jauh menurun dibandingkan saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) beberapa pekan yang lalu.

"Kalau libur week and dan cuti tahun baru Imlek hanya dalam kisaran 60-70 persen untuk tingkat hunian bintang di Bantul," katanya, Sabtu (21/1/2022).

Baca Juga: Awal Februari, Polres Bantul Gelar Operasi Keselamatan Progo

2. Kawasan pecinan di Malioboro bakal diserbu wisatawan‎

Momen Imlek, Okupansi Hotel Bintang di Bantul Baru 70 Persen‎IDN Times/Tunggul Kumoro

Menurut Hendra, sejumlah destinasi wisata dipastikan bakal ramai dikunjungi wisatawan pada momen Imlek 2023. wisatawan hanya singgah saja dan kemudian kembali lagi ke daerahnya masing-masing.

"Wisatawan akan datang ke Bantul, misal ke Pantai Parangtritis dan objek lainnya, kemudian malam harinya ke Malioboro dan langsung pulang ke daerah masing-masing. Jadi ndak ada yang menginap di hotel," ucapnya.

Ramainya kunjungan wisatawan, kata Hendra, dipastikan ada di kawasan Malioboro. Sebab di sekitar Malioboro ada kampung pecinan yang dipastikan menggelar even terkait perayaan Imlek.

"Pasti pasca pandemik, warga Tionghoa di Yogyakarta akan menggelar acara Imlek cukup meriah dan itu akan menarik wisatawan," ujarnya.

3. Pantai Parangtritis masih jadi destinasi paling banyak dikunjungi wisatawan‎

Momen Imlek, Okupansi Hotel Bintang di Bantul Baru 70 Persen‎Objek wisata Pantai Baru Bantul.(daruwaskita)

Untuk di Bantul sendiri, kata Hendra, destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi adalah Pantai Parangtritis. Namun pengunjung yang datang lebih banyak rombongan keluarga dibandingkan rombongan anak sekolah karena bukan libur panjang sekolah.

"Pastilah, Pantai Parangtritis yang paling banyak dikunjungi, selanjutnya objek wisata lain yang tidak dikelola oleh Dinas Pariwisata Bantul seperti ke objek wisata alam di Dlingo hingga Hotel dan Resto Little Tokyo yang berada di Kapanewon Dlingo," ucapnya.‎

Baca Juga: Ini Event Wisata di Bantul yang Digelar Pemkab Selama 2023

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya