Dibukanya Jembatan Kretek II Dongkrak Kunjungan Wisatawan

Jangan berhenti di atas jembatan, ya!

Bantul, IDN Times - ‎Kunjungan wisatawan ke Kabupaten Bantul pada awal bulan Februari tahun 2023 mengalami penurunan dibandingkan pekan terakhir Januari. Namun, kunjungan wisatawan pada akhir pekan di awal Februari justru naik 16 persen dibandingkan akhir pekan terakhir bulan Januari. Kenaikan ini salah satunya disebabkan oleh dibukanya Jembatan Kretek II.

1. Kunjungan wisatawan pada awal pekan Februari turun‎

Dibukanya Jembatan Kretek II Dongkrak Kunjungan WisatawanPantai Parangtritis Bantul. (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Kasi Promosi dan Informasi Wisata Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Adi, mengatakan kunjungan wisatawan pada awal pekan Februari (30/1/2023--5/2/2023) mencapai 45.346 orang dengan pendapatan asli daerah (PAD) mencapai Rp441 miliar. Sementara pada akhir pekan bulan Januari (23-29/1/2023), angka kunjungan mencapai 51.920 wisatawan dengan pemasukan PAD Rp502 miliar.

"Ada penurunan kunjungan wisatawan pada pekan terakhir di bulan Januari dan pekan awal bulan Februari 2023. Turun sekitar 13 persen," ujarnya, Selasa (7/2/2023).

Baca Juga: Jembatan Kretek 2 Dibuka, Pemkab Bantul Bakal Relokasi TPR Pantai 

2. Kunjungan saat akhir pekan justru meningkat‎

Dibukanya Jembatan Kretek II Dongkrak Kunjungan WisatawanTPR Pantai Parangtritis. (IDN Times/Daruwaskita)

Sedangkan untuk kunjungan wisatawan saat akhir pekan di awal pekan bulan Februari mencapai 31.901 wisatawan atau naik 16 persen dibandingkan kunjungan wisatawan pada akhir pekan sebelumnya yang hanya mencapai 27.545 orang.

"Kunjungan wisatawan yang meningkat khususnya pada akhir pekan salah satunya dampak dari dibukanya Jembatan Kretek II yang membuat wisatawan penasaran untuk melihat dan melintasinya," ungkapnya.

3. Minta wisatawan tak berhenti di atas jembatan

Dibukanya Jembatan Kretek II Dongkrak Kunjungan WisatawanJembatan Kretek 2.instagram@pemkabbantul

Lebih lanjut, pria yang kerap disapa Ipung ini menjelaskan, kunjungan wisatawan selama bulan Januari sendiri mencapai 262.825 wisatawan. Dari jumlah tersebut, baru 3.511 wisatawan yang melakukan pembayaran nontunai.

"Jadi wisatawan yang membayar tiket masuk secara non tunai masih sangat sedikit," tandasnya.

Lebih lanjut, Ipung menghimbau kepada masyarakat yang melalui Jembatan Kretek II agar tidak berhenti di atas jembatan. Sebab, hal ini bisa menyebabkan kemacetan hingga kesemrawutan arus lalu lintas, serta berpotensi menyebabkan kecelakaan.

"Kita himbau jangan berhenti di bahu jalan diatas jembatan, apalagi melakukan swafoto. Itu berbahaya," tandasnya.‎

Baca Juga: 7 Tempat Makan di Imogiri, Bantul, Banyak Makanan Berkuah

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya