Damkar Bantul Temukan Ular Sanca Sepanjang 3 Meter di Kandang Ayam  

Berawal dari suara ayam yang berisik, pemilik lapor ke petugas

Bantul, IDN Times - ‎Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul menemukan ular sanca sepanjan tiga meter di kandang ayam.

Penemuan tersebut terjadi di kandang milik Saryanta, warga Padukuhan Tangkil, Kalurahan Srihardono, Kapanewon Pundong, Kabupaten Bantul pada Senin (14/11/2022) sekitar pukul 06.00 WIB.‎

1. Warga minta tolong petugas untuk menangkap ular

Damkar Bantul Temukan Ular Sanca Sepanjang 3 Meter di Kandang Ayam  Petugas evakuasi ular sanca.(Dok.BPBD Bantul)

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul, Irawan Kurnianto mengatakan evakuasi ular sanca berawal dari laporan warga Padukuhan Tangkil yang meminta bantuan untuk menangkap ular.

"Jadi BPBD mendapatkan laporan adanya warga yang meminta bantuan untuk mengevakuasi ular yang bersembunyi di kandang ayam milik Sarnyata," ujarnya, Senin (14/11/2022).

2. Berawal dari suara ayam yang berisik‎

Damkar Bantul Temukan Ular Sanca Sepanjang 3 Meter di Kandang Ayam  Ular sanca sembunyi di kandang.(Dok.BPBD Bantul)

Irawan membeberkan kronologi warga yang mendengar suara berisik dari awah kandang sekitar pukul 03.00 WIB dini hari. "Dari informasi pemilik kandang ayam, dia mendengar suara berisik pada kandang ayam sekitar pukul 03.00 WIB. Setelah dilihat di kandang ternyata ada ularnya namun belum diketahui jenis ularnya," ungkapnya.

Mendapatkan laporan tersebut sebanyak enam petugas damkar langsung berangkat dengan membawa alat berupa hook, penjepit ular dan sarung tangan.

"Sekitar pukul 06.00 WIB pemilik rumah melapor ke sektor 5 Pundong dan diteruskan ke sektor 3 Imogiri dan sampai ke kita (BPBD) laporannya," imbuh Irawan. 

Baca Juga: Musim hujan, BPBD Bantul Minta Masyarakat Waspadai Ular

3. Petugas tak butuh waktu lama tangkap sanca

Damkar Bantul Temukan Ular Sanca Sepanjang 3 Meter di Kandang Ayam  Petugas evakuasi ular sanca.(Dok.BPBD Bantul)

Sesampainya di lokasi, personel damkar kemudian mengevakuasi ular yang ada di dalam kandang. Petugas tidak membutuhkan waktu lama sebab ular sanca tidak termasik binatang melata yang berbisa.

"Saat ini ular masih kita amankan dan akan dilepas di habitatnya yang jauh dari penduduk," ungkapnya.‎

Baca Juga: Musim Hujan Tiba, Damkar Yogyakarta Tangkap 6 Ular Masuk Rumah

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya