Januari-Februari 2023, 17 Orang di Bantul Meninggal di Jalan

Kecelakaan kerap terjadi akibat kelalaian pengendara

Bantul, IDN Times - ‎Unit Gakkum Satlantas Polres Bantul mengungkapkan angka kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Bantul selama Januari--Februari 2023. Sepanjang periode tersebut, jumlah korban meninggal mencapai 17 orang.

1. Korban tewas akibat laka lantas naik hampir 100 persen‎

Januari-Februari 2023, 17 Orang di Bantul Meninggal di JalanKasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry.(Dok.Polres Kulon Progo)

Kasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry mengatakan jumlah kejadian laka lantas pada bulan Januari 2023 mencapai 162 kejadian dengan korban meninggal dunia mencapai enam orang. Sedangkan pada bulan Februari jumlah kejadian laka lantas mencapai 156 kasus namun korban yang meninggal dunia mencapai 11 orang.

"Ya memang kejadian kecelakaan dari bulan Januari hingga Februari mengalami penurunan namun korban meninggal dunia meningkat hampir dua kali lipat atau hampir naik 100 persen," katanya, Jumat (10/3/2023).

2. Jumlah korban luka ringan akibat laka lantas mengalami penurunan‎

Januari-Februari 2023, 17 Orang di Bantul Meninggal di JalanIlustrasi kecelakaan motor. IDN Times/Mia Amalia

‎Mantan Kasi Humas Polres Kulon Progo ini menjelaskan kerugian akibat kejadian laka lantas pada bulan Januari mencapai Rp71 juta, sedangkan korban yang mengalami luka ringan mencapai 196 orang dan untuk luka berat nihil. Sedangkan pada Februari laka lantas menyebabkan kerugian sebesar Rp53 juta dengan korban luka ringan mencapai 173 orang dan luka berat nihil.

"Dilihat dari angka kerugian dan dampak korban laka mengalami luka ringan bulan Januari lebih banyak dibandingkan dengan bulan Februari 2023," ungkapnya.

Baca Juga: Ikuti Google Maps, Truk Terguling di Jalan Cinomati Bantul

3. Titik rawan kecelakaan di Jalan Parangtritis dan Jalan Imogiri

Januari-Februari 2023, 17 Orang di Bantul Meninggal di JalanPolisi lakukan olah TKP kecelakaan. (Dok. Polres Bantul)

Kebanyakan laka lantas yang terjadi pada bulan Januari dan Februari diakibatkan karena kelalaian pengendara. Di sisi lain laka tunggal juga mendominasi dalam dua bulan terakhir ini.

"Faktor utama terjadinya kecelakaan adalah kelalaian pengendara," ucapnya.

Akibat masih tingginya kejadian laka lantas di wilayah Polres Bantul, Unit Gakkum Satlantas Polres Bantul sudah melakukan analisis jam-jam rawan terjadinya kecelakaan. Dari data yang telah dihimpun diketahui kejadian laka paling sering terjadi pada pagi dan sore.

"Unit Gakkum Satlantas Polres Bantul juga sudah memetakan titik-titik rawan laka atau blackspot yakni di Jalan Parangtritis dan Jalan Imogiri," ucapnya.‎

Baca Juga: Tabrakan Motor, Pelajar asal Bantul Terpental hingga Pingsan

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya