Sempat Gagal Juara, Egi Ditetapkan Juara 2 Renang Popkab Sleman

Ada human error terkait hasil perlombaan

Sleman, IDN Times - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sleman akhirnya memutuskan atlet renang Ghiyats Gajaksahda atau Egi berhak mendapatkan Juara 2 dalam Pekan Olahraga Pelajar Kabupaten (Popkab) Sleman, cabor renang 100 meter gaya bebas.

Kisah Egi sempat viral dengan narasi dicurangi karena tidak mendapat juara meski berada di urutan kedua. Dispora Sleman pun melakukan klarifikasi atas hasil yang ada. Diakui memang ada kesalahan, namun tidak ada unsur kesengajaan.

"Tidak ada (upaya mengatur hasil pertandingan). Human error itu mungkin," ujar Kepala Dispora Sleman, Agung Armawanta, Kamis (30/11/2023).

1. Terjadi human error saat pelaksanaan

Sempat Gagal Juara, Egi Ditetapkan Juara 2 Renang Popkab Slemanilustrasi stopwatch (pexels.com/Brett Sayles)

Agung mengungkapkan human error mungkin terjadi karena peserta dari lomba ini hingga 80 peserta dengan 20 nomor yang diperlombakan, dan dilaksanakan selama dua hari. 

"Human error itu mungkin, manusiawi. Dua hari itu sangat melelahkan. Kalau dilihat 20 nomor error 1, artinya 1/20, 5 persen," ungkap Agung.

Melihat adanya kekeliruan tersebut, Dispora Sleman mengambil keputusan memunculkan juara 2 kembar. Juara kembar dinilai Agung memungkinkan.

"Keputusan terakhir, kita melahirkan juara 2-nya kembar. Juara kembar itu memungkinkan sekarang sangat sering 3-4 bahkan kalau pertandingan yang beregu dikembarkan," ungkap Agung.

2. Menjadi pembelajaran penyelenggaraan ke depan

Sempat Gagal Juara, Egi Ditetapkan Juara 2 Renang Popkab SlemanIlustrasi atlet renang (ANTARA FOTO/Novrian Arbi)

Agung mengatakan hal ini juga menjadi pembelajaran bagi penyelenggaraan ke depan. Diharapkan dengan begitu, tidak ada kesalahan lagi ke depan. Kemungkinan penggunaan kamera ke depan untuk mendukung penyelenggaraan event juga akan dipertimbangkan.

"Kita senang saja (kamera ini), tapi nanti harus dikomunikasikan dengan legal absahan dari aturan masing-masing cabor. Kalau saya senang teknologi itu digunakan untuk membantu," kata Agung.

Baca Juga: Kata Dispora Sleman Soal Video Atlet Renang Popkab Gagal Juara

3. Orangtua menyambut baik keputusan akhir

Sempat Gagal Juara, Egi Ditetapkan Juara 2 Renang Popkab Slemanilustrasi piala (IDN Times/Aditya Pratama)

Ayah Egi, Yanuar Gajaksahda, menyambut baik keputusan akhir dari Dispora Sleman. Ia juga memaklumi jika terjadi human error saat pertandingan tersebut. Diharapkannya insiden ini menjadi pembelajaran penyelenggaraan ke depan.

"Semuanya fix dan sudah dijelaskan secara gamblang pas dirapat. Memang hanya tingkat kesalahan itu hanya human error. Itu wajar sekali, karena memang pertandingan cepat dan rapat," ungkap Yanuar.

Baca Juga: UMK Sleman 2024 Sudah Diketok, Tunggu Pengumumannya

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya