Pedagang Teras Malioboro 2 Dipindah Lagi, Pemda Siapkan 2 Lokasi

Kapan pemindahan pedagang TM 2 dilakukan?

Yogyakarta, IDN Times - Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan memindahkan pedagang di Teras Malioboro (TM) 2 seiring rencana pembangunan Jogja Planning Gallery (JPG) di kawasan TM 2. Progres untuk rencana pemindahan TM 2 pun terus berjalan.

Dalam rencana relokasi ada dua tempat yang disiapkan. Pertama yaitu di sisi utara TM 1 seluas 2 ribu meter persegi. Lokasi kedua di wilayah Ketandan dengan luas 3.500 meter persegi.

1. Pembebasan lahan sudah dilakukan

Pedagang Teras Malioboro 2 Dipindah Lagi, Pemda Siapkan 2 LokasiCalon lahan untuk relokasi pedagang Teras Malioboro 2 di utara Teras Malioboro 1. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo).

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X mengungkapkan pemindahan pedagang ini akan dilakukan secara bertahap. Salah satu lokasi di sisi utara TM 1 juga sudah dilakukan pembebasan lahan. Pembebasan lahan tersebut sudah dilakukan pada tahun lalu, dengan menelan anggaran senilai Rp40 miliar--Rp50 miliar menggunakan Dana Keistimewaan (Danais).

Penyusunan Detail Engineering Design (DED) untuk gedung baru bagi pedagang TM 2, juga telah diselesaikan beberapa waktu lalu. Meski begitu, rencananya masih akan dilakukan evaluasi.

"Kami selesaikan dulu bangunannya. Target kami 2024 penghujung (akhir tahun 2024) sudah bisa mulai pemindahan. 2025 kan Gedung DPRD pindah, dan JPG sudah dibangun," kata Sultan, Selasa (7/2/2023).

Baca Juga: Pedagang Teras Malioboro 2 Mengaku Belum Tahu Rencana Relokasi  

2. Akan ada lahan tambahan

Pedagang Teras Malioboro 2 Dipindah Lagi, Pemda Siapkan 2 LokasiKepala Dinas Koperasi dan UKM DIY, Srie Nurkyatsiwi. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo).

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) DIY, Srie Nurkyatsiwi, mengatakan setelah pembebasan lahan yang sebelumnya selesai. Pada tahun ini juga direncanakan kembali ada pembebasan lagi untuk pemindahan pedagang di Teras Malioboro 2.

Pembebasan lahan ini dikarenakan satu lahan tidak cukup. "Di utara Teras Malioboro 1 ini kan 2.000 meter persegi. Makanya pada tahun ini akan kita bebaskan lagi di Ketandan untuk menampung pedagang Teras Malioboro 2, semua lahan milik pribadi," ujar Siwi.

3. Akan dibuat terpadu

Pedagang Teras Malioboro 2 Dipindah Lagi, Pemda Siapkan 2 LokasiSuasana tempat relokasi PKL di Teras Malioboro 1. (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Relokasi pedagang di TM 2 ke lokasi baru, akan dilakukan secara serentak, saat lokasi untuk relokasi sudah siap. Tempat relokasi yang berada di utara TM 1 nantinya akan terhubung, dan bisa diakses dari Jalan Beskalan Malioboro. Disebut untuk kelengkapan sarana prasarana akan melengkapi, untuk mendukung pedagang.

"Bisa tembus ke Beskalan, karena di sana dibebaskan dari Dinas PU biar bisa tersambung. Kantong parkir bisa di Beskalan, itu sudah punya Pemda. Teras Malioboro ini konsepnya memang kawasan, sehingga ekosistem terpadu antara parkir, akses, dan lain sebagainya," kata Siwi.

Baca Juga: 14 Pedagang Jalan Perwakilan Bersedia Tempati Pasar Klitikan 

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya