Makanan Tidak Layak saat Ospek, UII Buka Kanal Pengaduan

UII juga membentuk tim penelusuran fakta

Sleman, IDN Times - Sejumlah mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) mengeluhkan makanan yang tidak layak saat pelaksanaan ospek mahasiswa baru. Pihak UII membuka kanal pengaduan dan membentuk Tim Penelusuran Fakta untuk melanjutkan penelusuran masalah ini.

Dalam pernyataan resmi UII melalui Sekretaris Eksekutif, Hangga Fathana, dan Direktur Pembinaan Kemahasiswaan, Beni Suranto, pihaknya menyesalkan insiden adanya makanan tidak layak dan keterlambatan makanan dalam pelaksanaan Pesona Ta'aruf (PESTA) 2023 ini.

1. Keterlambatan dan makanan tidak layak

Makanan Tidak Layak saat Ospek, UII Buka Kanal PengaduanIlustrasi Mahasiswa UII. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Dalam keterangannya UII menyesalkan terjadinya keterlambatan pengiriman konsumsi makan siang di hari pertama, Kamis (10/8/2023). Selain itu, ditemukan pula 20 boks makanan tidak layak di hari kedua atau Jumat (11/8/2023) dan hari ketiga Sabtu (12/8/2023) dalam pelaksanaan kegiatan orientasi mahasiswa baru UII Pesona Ta’aruf (PESTA) 2023 yang diikuti oleh sekitar 4.300 mahasiswa baru.

"Hasil penelusuran fakta sementara, masalah terjadi akibat kelalaian dua vendor penyedia makanan dan kedua vendor tersebut telah mengakui kesalahan yang dilakukan," ujarnya.

2. Kanal pengaduan dan tim penelusuran fakta

Makanan Tidak Layak saat Ospek, UII Buka Kanal PengaduanIlustrasi pencarian (IDN Times/Arief Rahmat)

UII membuka kanal pengaduan melalui uii.ac.id/pengaduan untuk mendata dengan rinci dan akurat cacah mahasiswa yang terdampak akibat masalah ini. UII akan menanggung biaya pengobatan untuk mahasiswa baru yang kesehatannya terdampak akibat masalah ini.

UII akan melanjutkan penelusuran masalah ini dengan membentuk Tim Penelusuran Fakta. Dalam hal ditemukan pelanggaran di lingkungan internal oleh mahasiswa, tenaga kependidikan, atau dosen, UII akan menindak tegas sesuai dengan peraturan disiplin dan kode etik yang berlaku.

Baca Juga: 5 Bulan Berlalu, Dosen UII Ahmad Munasir Belum Kembali ke Kampus  

3. Minta hentikan spekulasi

Makanan Tidak Layak saat Ospek, UII Buka Kanal PengaduanIlustrasi Cek Fakta (IDN Times/Aditya Pratama)

UII meminta tidak ada spekulasi terkait masalah ini. Perkembangan hasil penelusuran akan disampaikan kepada publik.

"Mengimbau publik dapat menghentikan spekulasi sebelum terdapat kejelasan atas hasil penelusuran fakta lebih lanjut. UII akan senantiasa menyampaikan perkembangan hasil penelusuran fakta kepada publik," ungkapnya.

Baca Juga: 5 Tempat Makan Murah Sekitar UII, Rp 10 Ribu Tetap Kenyang

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya