Libur Idul Adha, Penumpang KA di Daop 6 Capai Ratusan Ribu

Puluhan kereta dioperasikan

Yogyakarta, IDN Times - PT KAI Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta mencatat ratusan ribu orang menggunakan kereta api, selama momen libur Idul Adha. Jumlah yang ada dimungkinkan masih bertambah.

Berdasarkan data terakhir KAI Daop 6 Yogyakarta Sabtu (1/7/2023) pukul 20.00 WIB, Manager Humas PT KAI Daop 6, Franoto Wibowo mengatakan volume penumpang dari tanggal 26 Juni–2 Juli 2023, keberangkatan 145.133 penumpang, sementara untuk kedatangan 149.105 penumpang.

1. Jumlah penumpang dimungkinkan bertambah

Libur Idul Adha, Penumpang KA di Daop 6 Capai Ratusan RibuIlustrasi kereta api. (Dok. PT KAI Daop 6)

Jumlah tersebut masih dimungkinkan bertambah, karena masih ada penjualan tiket pada Minggu (2/7/2023) ini. "Nanti ada update data lagi. Posisi masih running," ujar Franoto.

Berdasar data sementara puncak keberangkatan di Daop 6 terjadi pada 27 Juni 2023 dengan 23.869 penumpang. Sementara itu, untuk kedatangan paling tinggi pada 30 Juni 2023 dengan 24.347 penumpang.

2. Puluhan kereta dioperasikan untuk mengakomodasi penumpang

Libur Idul Adha, Penumpang KA di Daop 6 Capai Ratusan RibuIlustrasi suasana stasiun kereta api. (Dok. PT KAI Daop 6)

Diketahui pada periode 26 Juni–2 Juli 2023 dimana terdapat libur panjang Hari Raya Idul Adha 2023, jumlah penumpang memang mengalami peningkatan. Untuk mengakomodir kebutuhan pelanggan, Daop 6 Yogyakarta mengoperasikan 25 KA jarak jauh keberangkatan awal dari seluruh stasiun Daop 6 Yogyakarta. 

"Selain itu terdapat juga sebanyak 22 KA jarak jauh yang melewati dan berhenti untuk naik turun penumpang di stasiun Daop 6 Yogyakarta," kata Franoto.

Baca Juga: Pj Wali Kota Jogja Cek Lokasi Tarif Parkir Nuthuk, Ini Hasilnya

3. Mengecek ketersediaan tiket melalui kanal online

Libur Idul Adha, Penumpang KA di Daop 6 Capai Ratusan RibuStasiun kereta api. (Istimewa/PT KAI Daop6).

Daop 6 berharap tiket yang masih tersedia tersebut dapat dimanfaatkan masyarakat. Pelanggan dapat mengecek ketersediaan tiket secara mudah menggunakan aplikasi KAI Access, web kai.id, atau channel penjualan resmi lainnya. 

"Apabila tiket yang diinginkan tidak tersedia, pelanggan bisa menggunakan fitur connecting train atau KA persambungan di aplikasi KAI Accses," ujar Franoto.

Baca Juga: Berita Duka, Kepala Pelaksana BPBD DIY Berpulang

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya