Libur Lebaran, KAI Commuter Angkut Ratusan Ribu Orang di Jogja-Solo

Puluhan kereta dioperasikan

Yogyakarta, IDN Times - KAI Commuter mencatat volume pengguna commuterline dan KA Lokal Prameks Jogja - Solo sebanyak 102.572 orang pada masa libur Lebaran, 19--24 April 2023. Pengguna pada libur Lebaran ini merupakan pengguna musiman saat momen liburan.

Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba merinci dari jumlah pengguna yang ada, untuk pengguna commuterline sebanyak 99.369 orang. Sementara untuk KA Lokal Prameks sebanyak 3.203 orang.

1. Didominasi pengguna musiman

Libur Lebaran, KAI Commuter Angkut Ratusan Ribu Orang di Jogja-SoloPengguna Commuterline. (Dok. Istimewa)

Anne menyebut pergerakan pengguna pada masa libur Lebaran ini merupakan pengguna musiman yang akan berkunjung ke tempat wisata, pusat perbelanjaan atau ke sanak saudara. Pada hari Lebaran Sabtu (22/4/2023)--Minggu (23/4/2023) jumlah pengguna commuterline sebanyak 34.697 orang sedangkan KA Lokal Prameks 5.204 orang.

"Volume tertinggi pada angkutan Lebaran ini untuk commuterline pada Senin 24 April 2023 sebesar 29.708 orang, sedangkan KA Lokal Prameks pada Rabu 19 April 2023 berjumlah 3.481 orang," kata Anne.

2. Puluhan kereta dioperasikan

Libur Lebaran, KAI Commuter Angkut Ratusan Ribu Orang di Jogja-SoloKereta Rel Listrik (KRL) Jogja-Solo. (dok, Kemenhub)

KAI Commuter selama masa angkutan Lebaran ini mulai 19 April--1 Mei 2023, mengoperasikan 30 perjalanan commuterline Yogyakarta-Solo/Palur, sedangkan KA Lokal Prameks terdapat 8 perjalanan Kutoarjo-Yogyakarta. Dengan jam operasional perjalanan kereta dari pukul 05.05 WIB sampai dengan 23.35 WIB.

"Bagi para pengguna yang akan bepergian dengan commuterline ataupun KA Lokal disarankan untuk mengecek saldo kartu atau pun e-wallet terlebih dulu sebelum melakukan gate-in. Mempersiapkan kartu atau QR Code yang akan di-scan pada saat gate-out, guna mempercepat proses keluar-masuk stasiun," ujar Anne.

Baca Juga: Jumlah Tamu Hotel di Jogja Rendah saat Libur Lebaran, PHRI DIY: Ambyar

3. Himbauan untuk penumpang

Libur Lebaran, KAI Commuter Angkut Ratusan Ribu Orang di Jogja-SoloIlustrasi penumpang di stasiun kereta api. (Dok. KAI Daop 6)

Mengingat masa cuti bersama berakhir pada Selasa (25/4/2023), bagi pengguna harian yang akan mulai bekerja diharapkan untuk tetap merencanakan perjalanan dengan cermat. Pemesanan tiket KA Lokal Prameks dapat dilakukan melalui KAI Access atau pun dengan menggunakan kartu selama kuota masih tersedia.

KAI Commuter mengimbau selama bepergian menggunakan kereta, pengguna untuk mematuhi peraturan yang berlaku dengan menjalankan protokol kesehatan, tidak membuang sampah sembarangan. Selain juga, menjaga dan mengawasi pergerakan putra/putri, menjaga barang bawaan dan mengikuti arahan petugas selama dalam perjalanan baik menggunakan Commuterline ataupun KA Lokal.

Baca Juga: Mudik Lebaran, 85.839 Penumpang Gunakan Pesawat di Bandara YIA       

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya