Jalur Selatan Dibuka, KA Bandara YIA Beroperasi Kembali

Penumpang yang batal, bisa mendapat refund

Yogyakarta, IDN Times - Gangguan perjalanan kereta api yang terjadi di lintas Sentolo-Wates, Kabupaten Kulon Progo, sejak Selasa (17/10/2023) berhasil ditangani. Perjalanan KA Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) yang sebelumnya dibatalkan seluruhnya,, mulai Rabu (18/10/2023) dapat dilalui dengan keberangkatan pukul 16.52 WIB dengan kecepatan terbatas.

“Upaya normalisasi jalur dan perjalanan KA di petak Sentolo-Wates telah dilakukan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 6 Yogyakarta, dan KAI Bandara mulai membuka penjualan tiket serta menjalankan perjalanan KA Bandara YIA. Kami berterima kasih kepada pelanggan setia KAI Bandara yang telah setia menanti kembali pulihnya layanan KA Bandara YIA serta memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami,” ungkap Humas KAI Bandara, Diah Suryandari, Kamis (19/10/2023), 

1. Penumpang yang batal berangkat mendapat refund

Jalur Selatan Dibuka, KA Bandara YIA Beroperasi KembaliKereta ke Bandara Yogya International Airport (YIA). (IDN Times/Uni Lubis)

PT Railink/KAI Bandara mengambil kebijakan pembatalan terhadap seluruh perjalanan KA Bandara YIA. Calon penumpang juga mendapat refund sebesar 100 persen.

"Bagi penumpang KA Bandara YIA yang bermaksud membatalkan perjalanannya di stasiun keberangkatan, di tengah perjalanan, atau yang mengalami penundaan hingga pembatalan keberangkatan KA Bandara, dapat mengajukan pengembalian bea (refund) sebesar 100 persen," kata Diah.

2. Cara pengajuan refund

Jalur Selatan Dibuka, KA Bandara YIA Beroperasi KembaliKereta ke Bandara Yogya International Airport (YIA). (IDN Times/Uni Lubis)

Pengajuan refund dapat dilakukan di Stasiun keberangkatan KA Bandara YIA atau melalui e-mail info@railink.co.id dengan mencantumkan nama, nomor telepon, kode booking. Kemudian, nama bank, nomor rekening, nama pemilik rekening, dan jumlah tiket.

Proses pembatalan tiket dapat dilaksanakan maksimal H+7 dari tanggal yang tertera di tiket. Sedangkan proses pengembalian biaya akan memakan waktu maksimal 30 hari kerja dari tanggal pengajuan.

Baca Juga: Ungkap Penyebab Kereta Api Anjlok di Kulon Progo, PT KAI Gandeng KNKT

3. Gandeng KNKT investigasi

Jalur Selatan Dibuka, KA Bandara YIA Beroperasi KembaliDirektur Utama PT KAI Didiek Hartantyo/istimewa

Diketahui sebelumnya, Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero), Didiek Hartantyo mengatakan belum bisa memastikan pemicu anjloknya KA Argo Semeru yang kemudian terserempet KA Argo Wilis.

PT KAI menggandeng Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dalam proses investigasi. "Kita akan investigasi (pemicu) bersama direktur keselamatan dan KNKT. Terlalu dini kalau menyampaikan penyebabnya," kata dia.

Baca Juga: 8 Nama Kereta Api yang Terinspirasi dari Sungai di Indonesia

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya