Hindari Kemacetan, Sri Sultan Minta Pemudik Tidak Lewat Tengah Kota  

Diperkirakan 5,8 juta pemudik datang ke Jogja

Yogyakarta, IDN Times - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X meminta kemanan dan sejumlah ruas jalan saat Lebaran jadi perhatian. 

Sultan mengatakan saat Lebaran tahun ini jutaan orang dari luar daerah bakal datang yang datang ke DIY untuk bersilaturahmi, diharapkan warga Jogja bisa menerima kehadiran mereka dengan baik. "Artinya mereka merasa aman dan nyaman, sehingga dengan turunnya kekerasan, kejahatan dan sebaginya, bisa terus kita jaga," ujar Sultan di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Selasa (11/4/2023).

1. Hindari melintas di tengah Kota Yogyakarta

Hindari Kemacetan, Sri Sultan Minta Pemudik Tidak Lewat Tengah Kota  Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo).

Saat arus lalu lintas pemudik, diharapkan bagi pengguna jalan tidak melewati jalan di Kota Yogyakarta. Hal ini menurutnya untuk menghindari kemacetan.

"Tidak usaha lewat Jalan Urip Sumoharjo, tapi Prambanan sudah belok atau jalan ringroad belok lewat selatan atau utara. Jadi gak usah masuk kota, karena dengan cara seperti ini, tidak crowded di Jalan Urip Sumoharjo maupun Malioboro," ujar Sultan.

2. Sejumlah jalan menuju objek wisata jadi perhatian

Hindari Kemacetan, Sri Sultan Minta Pemudik Tidak Lewat Tengah Kota  Ilustrasi wisatawan yang berkunjung di salah satu pantai di Gunungkidul. (IDN Times/Paulus Risang)

Saat disinggung mengenai kemungkinan perbedaan perayaan Idul Fitri, menurut Sultan yang berbeda hanya waktu salatnya saja. Sementara untuk arus lalu lintas dinilainya tetap padat. Ia meminta kelancaran arus lalu lintas juga terjadi di lokasi wisata.

"Perbedaan Idul Fitri, tidak mengurangi kepadatan di Jogja, kira-kira dua hari sebelum Idul Fitri sudah libur sampai tanggal 26 April, berarti libur lebih panjang. Tempat-tempat wisata, ya seperti Gunungkidul Kulon Progo harapan saya traffic diatur betul, karena jalannya relatif lebih sempit itu untuk bus," kata Sultan.

Baca Juga: Parkir Nuthuk saat Libur Lebaran, Ini Kata Pj Sekda DIY

Baca Juga: 5 Ide Hampers Lebaran 2023 untuk Teman Perempuan, Pasti Disuka

3. Persiapan rapat koordinasi dilakukan besok Kamis (13/4/2023)

Hindari Kemacetan, Sri Sultan Minta Pemudik Tidak Lewat Tengah Kota  Kapolda DIY, Irjen Pol. Suwondo Nainggolan. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Kapolda DIY, Irjen Pol. Suwondo Nainggolan mengatakan bakal dilakukan rapat koordinasi yang dipimpin oleh Gubernur DIY terkait kesiapan pengamanan hari raya Idul Fitri H-7 sampai dengan H+7. Suwondo menyebut sudah ada latihan untuk rekayasa lalu lintas.

"Kemarin membuka latihan kegiatan rekayasa lalu lintas ini. Nanti (Kamis) akan dipaparkan dengan melibatkan seluruh stakeholder. Sehingga kita mencoba dengan segala upaya kita, memberikan pelayanan keamanan dan ketertiban lalu lintas," ujar Suwondo.

Baca Juga: Pemkab Bantul Larang Mobil Dinas Digunakan saat Mudik Lebaran

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya