Edukasi Generasi Muda, KLHK Gelar Pameran Kehutanan di Jogja

Ajak anak muda lebih peduli pada lingkungan hidup

Yogyakarta, IDN Times - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) akan menggelar Indonesia Green Environment and Forestry Expo di Jogja Expo Center (JEC) pada 2--5 Maret 2023. Pameran lingkungan hidup dan kehutanan 2023 ini diharapkan mampu membuat anak muda lebih mengetahui pentingnya hutan.

Staf Ahli Menteri LHK RI Bidang Energi, Winarni Monoarfa beserta jajaran dari KLHK menemui Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X, di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta pada Kamis (12/1/2023).

1. Libatkan generasi muda lebih banyak

Edukasi Generasi Muda, KLHK Gelar Pameran Kehutanan di JogjaGubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Staf Ahli Menteri LHK RI Bidang Energi, Winarni Monoarfa. (Istimewa/Humas Pemda DIY).

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, R Kadarmanta Baskara Aji, mengungkapkan bahwa Gubernur DIY mendorong agar dalam momentum pameran ini, bisa lebih banyak melibatkan anak muda. Melalui pameran ini, informasi mengenai lingkungan hidup dan hutan bisa tersampaikan kepada generasi muda.

"Generasi muda tentu perlu mengetahui dan paham akan manfaat dan pentingnya keberadaan hutan untuk kehidupan di masa yang akan datang. Misalnya saja informasi bahwa hutan itu beda-beda, hutan yang ada di Jogja tentu beda dengan yang ada di daerah lain," ungkap Aji.

Baca Juga: Pemkot Tawarkan Pedagang Jalan Perwakilan Pindah ke Pasar Klitikan 

2. Harus dikemas agar menarik generasi muda

Edukasi Generasi Muda, KLHK Gelar Pameran Kehutanan di JogjaSekda DIY Kadarmanta Baskara Aji. (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Aji juga menyebutkan Sultan meminta agar generasi muda tertarik untuk datang dalam acara, harus dibuat sesuai tren anak muda saat ini. Sehingga informasi yang ingin disampaikan dapat diterima.

"Anak muda sekarang perlu mendapat informasi tentang bagaimana pentingnya hutan. Supaya anak-anak muda lebih tertarik ke pameran, Ngarsa Dalem minta supaya panitia membuat semacam seminar atau pertemuan, dan video-video yang menayangkan info soal lingkungan hidup dan kehutanan di Indonesia,” paparnya.

3. Mengenalkan kegiatan dan program sektor lingkungan hidup

Edukasi Generasi Muda, KLHK Gelar Pameran Kehutanan di JogjaStaf Ahli Menteri LHK RI Bidang Energi, Winarni Monoarfa. (Istimewa/Humas Pemda DIY).

Staf Ahli Menteri LHK RI Bidang Energi, Winarni Monoarfa mengatakan, Yogyakarta telah dipilih Kementerian LHK RI sebagai lokasi pelaksanaan Indonesia Green Environment and Forestry Expo 2023. Melalui pameran ini, Kementerian LHK RI ingin memperkenalkan dan meliterasi masyarakat luas terkait kegiatan-kegiatan dan program-program dari sektor lingkungan hidup.

“Kami juga ingin menunjukkan beberapa kinerja dan hasil-hasilnya, utamanya untuk kinerja yang selama ini sudah dilakukan atas kolaborasi dari berbagai pemangku kepentingan bersama Kementerian LHK RI. Kami berharap Sri Sultan bisa memberi dukungan bagi kegiatan ini,” imbuhnya.

Baca Juga: Pemkot Yogyakarta Ancam Beri Sanksi Bagi Warga yang Tidak Pilah Sampah

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya