Duga Ada Masalah di Pemilu 2024, Forum BEM se-DIY Minta Pemilu Ulang

Berencana turun ke jalan

Yogyakarta, IDN Times - Dugaan terjadinya permasalahan dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Forum BEM se-DIY (FBD) berencana turun ke jalan. FBD juga mendorong adanya Pilpres dan Pileg 2024 ulang di seluruh wilayah Indonesia.

Koordinator FBD, Gunawan Herman menyebut berbagai masalah yang terjadi dalam proses pesta demokrasi 2024. Mulai dari permasalahan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang dinilai memuluskan satu dinasti politik, dan permasalahan di KPU yang melanggar etik.

1. Pemilu dinilai banyak masalah

Duga Ada Masalah di Pemilu 2024, Forum BEM se-DIY Minta Pemilu UlangIlustrasi Pemilu (IDN Times/Esti Suryani)

Selain itu berbagai permasalahan juga dinilai mencoreng Pemilu 2024, salah satunya dugaan terjadinya money politic yang massif di berbagai daerah. "Kita saksikan dan kita temukan di lapangan bagaimana praktik-praktik yang bertentangan dengan prinisip Demokrasi (dalam Pemilu 2024)," ujar Koordinator FBD, Gunawan Herman, di Yogyakarta, Rabu (21/2/2024).

2. Akan lakukan aksu turun ke jalan

Duga Ada Masalah di Pemilu 2024, Forum BEM se-DIY Minta Pemilu UlangForum BEM se-Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggelar aksi 'Darurat Hukum dan Selamatkan Demokrasi Indonesia' di depan gedung DPRD DIY, Jumat (9/2/2024). (IDNTimes/Herlambang Jati)

Gunawan menyebut akan ada gerakan lanjutan oleh FBD yang terdiri dari 52 kampus di DIY. Temuan yang diperoleh oleh FBD akan disampaikan ke penyelenggara Pemilu. "Kita akan ada gerakan selanjutnya, turun ke jalan. Menyampaikan aspirasi temuan ini. Kita akan menyampaikan ke KPU, pelanggaran ini, dengan gerakan jalanan," kata Gunawan.

Baca Juga: Rakyat Jogja Pro Demokrasi Gelar Aksi Sinau Matematika Bersama KPU DIY

3. Tuntutan FBD dari batalkan hasil Pemilu hingga Pemilu ulang

Duga Ada Masalah di Pemilu 2024, Forum BEM se-DIY Minta Pemilu UlangForum BEM se-Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggelar aksi 'Darurat Hukum dan Selamatkan Demokrasi Indonesia' di depan gedung DPRD DIY, Jumat (9/2/2024). (IDNTimes/Herlambang Jati)

Gunawan mengatakan ada tiga tuntutan yang disuarakan oleh FBD, adalah Pilpres dan Pileg diduga kuat telah direkayasa sejak awal untuk memenangkan capres dan calon legislatif tertentu.

"Maka demi tegaknya demokrasi, hasil Pilpres dan Pileg 2024 harus dibatalkan. Memecat dan mengganti seluruh komisioner KPU karena terbukti gagal melaksanakan pemilu secara jujur dan adil. Pelaksanaan Pilpres dan Pileg 2024 ulang di seluruh wilayah Indonesia," ujar Gunawan.

Baca Juga: KPU DIY akan Lakukan Pemungutan Suara Ulang dan PSL di 18 TPS

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya