Akhir Tahun Maskapai Thailand dan Malaysia Mendarat di YIA  

Rute penerbangan intenasional di YIA bakal tambah 2 maskapai

Yogyakarta, IDN Times – Sebanyak dua maskapai luar negeri yang berasal dari negara Malaysia dan Thailand akan menambah jumlah penerbangan ke negara Asean dari Yogyakarta International Airport (YIA). Dua maskapai ini akan menambah direct flight, dinilai berpotensi meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara.

Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (Dinpar DIY) menyebut dua maskapai akan landing di YIA pada pertengahan Desember 2022, adalah Malaysia Airlines dari Malaysia dan satu lagi dari Thailand, Thai Smile Air. Dua maskapai ini menambah penerbangan luar negeri, setelah sebelumnya terdapat Scoot Airlines dari Singapura dan AirAsia dari Malaysia.

1. Pertengahan Desember diharapkan sudah masuk

Akhir Tahun Maskapai Thailand dan Malaysia Mendarat di YIA  ide pose foto di Yogyakarta International Airport. (instagram.com/xiaolingchan)

Kepala Dinpar DIY, Singgih Raharja mengharapkan rencana hadirnya dua maskapai dari luar negeri ini segera terealisir. "Harapan kemarin awal pertengahan November, tapi kemarin soundingnya di pertengahan Desember atau akhir tahun," ujar Singgih, Selasa (1/11/2022).

Singgih menyebut hadirnya dua maskapai ini akan semakin mempermudah aksesibilitas wisatawan. Utamanya para wisatawan yang berada di ASEAN. "Yang sudah ada Malaysia, dan Singapura. Kemudian mau tambah ini dari Bangkok yang notabene di sana jadi hub bagi para wisatawan, luar biasa dari berbagai negara," ujar Singgih.

2. Wisatawan lebih menyukai penerbangan langsung

Akhir Tahun Maskapai Thailand dan Malaysia Mendarat di YIA  Yogyakarta International Airport (YIA). (IDN Times/Paulus Risang)

Singgih menyebut selama masa pandemik Covid-19, banyak wisatawan yang beralih menggunakan penerbangan langsung. "Era pandemik mereka memilih transportasi yang direct tanpa harus berlama-lama dengan transit beberapa kali, risiko dan makan biaya pastinya. Dengan adanya itu (penerbangan langsung) akan mempermudah akses wisatawan," ujar Singgih.

Singgih menyebut saat ini wisatawan dari mancanegara masih cukup tinggi. Disebut Singgih sejumlah wisman yang datang ke DIY, berasal dari Eropa, selain juga dari Malaysia dan Singapura. 

Baca Juga: 2 Maskapai Luar Negeri Bakal Landing di Bandara YIA Kulon Progo 

3. Perlu sinergi pelaku wisata

Akhir Tahun Maskapai Thailand dan Malaysia Mendarat di YIA  Dok. Kementerian Perhubungan

Sebelumnya, Direktur Utama AP I, Faik Fahmi menyebut saat ini untuk penerbangan internasional di YIA memang masih terbatas. “Sampai saat ini sudah ada dua penerbangan internasional tapi frekuensi masih terbatas. Ada Scoot Airlines dari Singapura dan AirAsia dari Kuala Lumpur,” ucap Faik,

Di tengah pemulihan ekonomi, penjajakan dengan maskapai internasional mulai dilakukan. “Saya baru pulang dari Turki, mereka Turki Airlines sangat berminat terbang ke Yogyakarta, saat ini tahap penjajakan. Untuk yang sangat dekat Malaysia Airlines dari Kuala Lumpur dan satu lagi dari Thailand, Thai Smile Air segera masuk YIA,” ujar Faik.

Faik menyebut untuk memaksimalkan YIA dan mendongkrak kunjungan wisatawan asing, aksesibilitas, konektivitas menjadi hal yang penting. Menurutnya maskapai asing tidak bisa dipaksa untuk beroperasi di YIA, perlu dukungan industri wisata untuk membuat daya tarik wisata.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Dekat Bandara YIA Kulon Progo yang Hits, Yuk Mampir!

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya