Tahun Ini Jumlah Calon Haji dari Sleman Naik 2 Kali Lipat 

DIY berangkatkan 3.147 calon haji 

Sleman, IDN Times - Jumlah calon haji dari Kabupaten Sleman tahun ini naik dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya. Tahun 2022, sebanyak 549 calon haji berangkat, sedangkan tahun ini berjumlah 1.196 orang. 

 

1. Sebanyak 1.196 calon haji dari Sleman telah berangkat

Tahun Ini Jumlah Calon Haji dari Sleman Naik 2 Kali Lipat Ilustrasi jemaah calon haji asal Indonesia (IDN Times/Umi Kalsum)

Hari ini, Kamis (8/6/2023) sebanyak 1.196 calon haji berasal dari Kabupaten Sleman telah diberangkatkan menuju Tanah Suci, Mekkah, Arab Saudi untuk menjalani ibadah haji pada 2023. Pemberangkatan kloter terakhir dilepas secara simbolis oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman Harda Kiswaya di Masjid Agung Sleman di Sleman. 

"Hari ini ada sebanyak 46 calon jamaah haji dari kloter 52 yang diberangkatkan pada siang ini. Dengan begitu, 1.196 jamaah haji tahun 2023 dari Kabupaten Sleman telah diberangkatkan ke Tanah Suci guna menjalankan rukun Islam yang ke lima," kata Harda Kiswaya dikutip Antara. 

 

2. Kabupaten Gunungkidul mendapat kuota 416 orang

Tahun Ini Jumlah Calon Haji dari Sleman Naik 2 Kali Lipat Ilustrasi jemaah haji. (dok. Angkasa Pura I)

Sementara di Kabupaten Gunungkidul pada pelaksanaan ibadah haji tahun 2023 mendapat kuota memberangkatkan 416 orang.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul Sa'ban Nuroni mengatakan di antara warga yang mendapat jatah berangkat haji ada yang menunda keberangkatan karena sakit. Ada juga yang meninggal sebelum waktu pelunasan biaya haji.

 

Baca Juga: 3.147 Calon Haji dari Jogja Mulai Berangkat 5 Juni 

3. Sebanyak 3.147 calon haji dari DIY telah berangkat

Tahun Ini Jumlah Calon Haji dari Sleman Naik 2 Kali Lipat Suasana Masjid Nabawi, Madinah yang dipenuhi oleh Jamaah di tengah musim haji (IDN Times/Umi Kalsum)

Sebanyak 3.147 calon haji dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah mulai 5 Juni, dan terakhir hari ini. Calon haji terbagi dalam sembilan kelompok terbang (kloter) mulai kloter 44 SOC hingga 52 SOC.

Baca Juga: Tersangka Kasus Mafia Tanah Kas Desa di Sleman Segera Diadili

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya