Comscore Tracker

Sri Sultan Yakin Tidak Ada Lonjakan Kasus COVID-19 saat Libur Nataru  

Diyakini Sri Sutan situasi saat ini tak beda dengan Nataru

Yogyakarta, IDN Times - Sri Sultan HB X optimis saat libur Natal dan tahun  baru tidak akan terjadi lonjakan kasus baru COVID-19. Hal tersebut berdasarkan data kasus yang terjadi akhir-akhir ini tidak mengalami peningkatan meski sejumlah tempat umum telah dibuka. 

 

1. Sri Sultan yakin tidak akan terjadi klaster baru

Sri Sultan Yakin Tidak Ada Lonjakan Kasus COVID-19 saat Libur Nataru  Ilustrasi pantai (Dok. IDN Times)

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yakin wilayahnya tidak akan muncul klaster penularan COVID-19, meski jumlah wisatawan dan pendatang diperkirakan melonjak saat libur Nataru.

"Kalau sekarang tidak terjadi klaster harapan saya nanti di Tahun Baru atau Natal kondisisnya semakin baik," kata Sri Sultan, Rabu (27/10/2021). 

Baca Juga: Siswa Terkena COVID-19, Sri Sultan Klaim Penularan Bukan saat PTM   

2. Situasi saat ini tidak akan beda dibanding Nataru

Sri Sultan Yakin Tidak Ada Lonjakan Kasus COVID-19 saat Libur Nataru  Mural mirip perawat di Shoreditch, di tengah penyebaran penyakit virus corona (COVID-19) di London, Britain, Selasa (21/4/2020). ANTARA FOTO/REUTERS/Henry Nicholls

Sri Sultan menilai situasi saat ini tidak akan jauh berbeda dengan kondisi liburan akhir. Pasalnya, kunjungan wisatawan dari luar daerah belakangan ini sudah mulai sulit dikendalikan.

Apabila di kemudian hari ditemukan klaster penularan COVID-19, Sultan memastikan akan menerapkan kebijakan pengetatan saat libur panjang mendatang.

"Kira-kira nanti realitas kan seperti itu. Kalau harapan kita semoga tidak ada klaster sehingga melandai saja sampai memasuki Tahun Baru maupun Natal," papar Sri Sultan.

 

3. Tambahan kasus per Rabu (27/10/2021)

Sri Sultan Yakin Tidak Ada Lonjakan Kasus COVID-19 saat Libur Nataru  Seorang pria merokok di sebelah mural pria dengan masker ditengah wabah penyakit virus corona (COVID-19) di Kota Quezon, Metro Manila, Filipina, Kamis (30/7/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Eloisa Lopez)

Berdasarkan data Satgas Penanganan COVID-19 Pemda DIY per 27 Oktober 2021, penambahan kasus terkonfirmasi COVID-19 di DIY sebanyak 27 kasus, sehingga total kasus terkonfirmasi menjadi 155.729 kasus. Sedangkan kasus sembuh bertambah 34 kasus, sehingga total sembuh menjadi 150.106 kasus.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya