PPKM Level 4 Jawa Bali Diperpanjang, Ini Daftar Aturan Baru   

Diperbolehkan makan di restoran selama 20 menit

Yogyakarta, IDN Times - Pemerintah memperpanjang masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di sejumlah wilayah Pulau Jawa dan Bali hingga 2 Agustus 2021. 

Presiden Joko 'Jokowi' Widodo melalui konferensi pers virtual hari ini, Minggu (25/7/2021) mengatakan perpanjangan yang telah ditetapkan pemerintah dengan mempertimbangkan berbagai aspek dan kondisi.

"  "Dengan mempertimbangkan aspek kesehatan, aspek ekonomi, dan dinamika sosial, saya memutuskan untuk melanjutkan penerapan PPKM level 4 dari tanggal 26 Juli sampai dengan 2 Agustus 2021," ujar Presiden Jokowi secara virtual melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden.

1. Diperbolehkan makan di warung

PPKM Level 4 Jawa Bali Diperpanjang, Ini Daftar Aturan Baru   Ilustrasi restoran (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Dalam PPKM Level 4 lanjutan ini, pemerintah membuat aturan dengan yang berbeda. Di antaranya masyarakat diperbolehkan makan di warung, rumah makan dengan konsep terbuka.

"Warung makan, pedagang kaki lima, lapak jajanan dan sejenisnya yang memiliki tempat usaha di ruang terbuka, diizinkan buka dengan protokol kesehatan yang ketat sampai pukul 20.00 WIB. Maksimum waktu makan setiap pengunjung 20 menit," tutur Presiden Jokowi.

2. Usaha nonesensial diperbolehkan buka

PPKM Level 4 Jawa Bali Diperpanjang, Ini Daftar Aturan Baru   ANTARA FOTO/Arif Firmansyah

Sementara tempat usaha nonesensial diperkenankan buka dengan sejumlah persyaratan yang harus dipatuhi. Yaitu buka maksimal hingga pukul 21.00 WIB, mematuhi protokol kesehatan dengan ketat. Untuk aturan, pemerintah daerah akan mengatur lebih rinci mengenai teknis pelaksanaan.

"Pedagang kaki lima, toko kelontong, agen atau outlet voucher, pangkas rambut, laundry, pedagang asongan, bengkel kecil, cucian kendaraan dan usaha-usaha kecil lain sejenis diizinkan buka dengan prokes ketat sampai dengan pukul 21.00 WIB," kata Jokowi.

3. Jokowi meminta tekan angka kematian

PPKM Level 4 Jawa Bali Diperpanjang, Ini Daftar Aturan Baru   TPU Selapajang, Kota Tangerang, Banten (ANTARA FOTO/Fauzan)

Presiden juga meminta daerah yang memiliki angka kematian pasien COVID-19 harus ditekan semaksimal mungkin. Dengan cara meningkatkan kapasitas rumah sakit, isolasi terpusat dan ketersediaan oksigen perlu segera ditingkatkan.

"Kita harus selalu waspada, ada kemungkinan dunia akan menghadapi varian lain yang lebih menular. Saya memerintahkan agar testing, tracing bisa ditingkatkan lebih tinggi dan treatment yang cepat untuk menekan laju penularan dan meningkatkan angka kesembuhan," jelasnya.

4. Jokowi minta menteri bagikan obat dan vitamin

PPKM Level 4 Jawa Bali Diperpanjang, Ini Daftar Aturan Baru   Ilustrasi Obat dan Vitamin. IDN Times/Besse Fadhilah

Jokowi juga meminta para menteri terkait segera melakukan langkah maksimal untuk membantu penyediaan kebutuhan obat, vitamin dan suplemen bagi masyarakat, khususnya untuk terapi pasien COVID-19.

"Saya minta kepada menteri terkait segera lakukan langkah yang maksimal untuk membagikan vitamin, suplemen, kepada masyarakat, memberikan dukungan obat-obatan dan konsultasi dokter terhadap pasien isolasi mandiri dan dukungan pengobatan di rumah sakit," ujar Jokowi.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya