Comscore Tracker

Percepat Vaksinasi, Pemkot Yogyakarta Sisir Warga hingga Tingkat RT  

Warga luar kota Yogyakarta daftar di aplikasi JSS

Kota Yogyakarta, IDN Times - Pemerintah Kota Yogyakarta mulai melakukan vaksinasi warga berdasarkan hasil penyisiran data yang dilakukan di tingkat rukun tetangga. Hal ini memudahkan akses warga untuk mendapatkan vaksinasi COVID-19

 

1. 131 ribu NIK Kota Yogyakarta belum akses vaksinasi

Percepat Vaksinasi, Pemkot Yogyakarta Sisir Warga hingga Tingkat RT  Vaksinasi anak usia 12 - 17 tahun di Kota Yogyakarta. IDN Times / Febriana Sinta

Berdasarkan data awal, terdapat sekitar 131 ribu warga dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) Kota Yogyakarta yang belum mengakses vaksinasi COVID-19. Data tersebut kemudian disisir ulang oleh ketua RT dan dilaporkan ke kelurahan untuk dijadwalkan memperoleh vaksinasi.

“Dari pemetaan awal, dimungkinkan sekitar 20 persen warga yang belum vaksinasi tersebut tidak berada di Kota Yogyakarta,”terang Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi, Sabtu (11/9/2021). 

Baca Juga: Baru 11 Ribu per Hari, Jokowi Minta Vaksinasi di DIY Dipercepat

2. 63 persen warga Kota Yogyakarta sudah menerima vaksinasi

Percepat Vaksinasi, Pemkot Yogyakarta Sisir Warga hingga Tingkat RT  Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi di Kompleks Kepatihan. IDN Times/Tunggul Damarjati

Heroe berharap penyisiran ulang data tersebut mempercepat upaya Pemerintah Kota Yogyakarta untuk memastikan seluruh warga Kota Yogyakarta yang wajib vaksinasi, berusia lebih dari 12 tahun mendapat vaksinasi.

“Vaksinasi dilakukan di tingkat kampung. Tujuannya untuk mendekatkan akses masyarakat memperoleh layanan vaksinasi. Harapannya, vaksinasi bisa diselesaikan September, karena sudah 63 persen warga Kota Yogyakarta mendapat vaksinasi COVID-19,” kata Heroe Poerwadi dikutip Antara.

 

3. Warga luar kota Yogyakarta daftar di aplikasi JSS

Percepat Vaksinasi, Pemkot Yogyakarta Sisir Warga hingga Tingkat RT  Presiden Jokowi tinjau vaksinasi di Yogyakarta pada Jumat (10/9/2021). (dok. Biro Pers Kepresidenan)

Sedangkan capaian total vaksinasi yang sudah dilakukan Pemerintah Kota Yogyakarta hingga saat ini sudah menyasar sekitar 500 ribu warga, termasuk warga dari luar daerah.

“Setelah seluruh warga Kota Yogyakarta tersebut sudah divaksin, kami akan fokus pada warga yang berdomisili di Yogyakarta namun belum divaksin,” katanya.

Saat ini warga dari luar daerah yang berada di Kota Yogyakarta bisa mengakses layanan vaksinasi di sejumlah sentra vaksinasi seperti XT-Square, PDAM Tirtamarta, dan SMA Negeri 7 Yogyakarta. Sebelumnya, warga diminta mendaftar melalui aplikasi Jogja Smart Service (JSS).

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya