Pemkot Tawarkan Pedagang Jalan Perwakilan Pindah ke Pasar Klitikan 

Pedagang diberi waktu 1 minggu pertimbangkan tawaran

Yogayakarta, IDN Times - Pemerintah Kota Yogyakarta menawarkan Pasar Kilitikan sebagai tempat berjualan baru bagi pedagang di Jalan Perwakilan. Pemkot Yogyakarta menurut Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta, Aman Yuriadijaya, sudah mengajak 17 pedagang untuk mengunjungi lokasi baru yang ditawarkan. 

Di Jalan Perwakilan akan didirikan Jogja Planning Gallery yang akan menjadi pusat budaya dan menampilkan sejarah dan gambaran Jogja di masa mendatang.

 

 

1. Pemkot Yogyakarta sudah mengajak 17 pedagang ke Pasar Klitikan

Pemkot Tawarkan Pedagang Jalan Perwakilan Pindah ke Pasar Klitikan Pemerintah Kota Yogyakarta mulai melarang aktivitas para pedagang di ruko sepanjang Jalan Perwakilan Yogyakarta, Rabu (4/1/2023). (IDN TImes/Herlambang Jati)

Aman Yuriadijaya mengatakan tawaran ini bukan rekokasi melainkan kebijakan afirmasi kepada pedagang di Jalan Perwakilan yang terdampak rencana pembangunan Jogja Planning Gallery.

“Kebijakan ini bukan relokasi melainkan kebijakan afirmasi sehingga nantinya pedagang dari Jalan Perwakilan bisa menjadi bagian dari pedagang di Pasar Klithikan,” kata Aman dikutip Antara, Jumat (13/1/2023). 

2. Pedagang diberi waktu satu pekan untuk mempertimbangkan tawaran

Pemkot Tawarkan Pedagang Jalan Perwakilan Pindah ke Pasar Klitikan instagram.com/albertus_anang

Menurutnya kebijakan yang ditawarkan merupakan bagian dari keberpihakan Pemerintah Kota Yogyakarta kepada pedagang yang sejak 4 Januari tidak lagi beraktivitas di Jalan Perwakilan.

Pedagang diberi waktu sekitar satu pekan untuk mempertimbangkan tawaran tersebut dan selanjutnya bisa dilakukan proses administrasi menjadi pedagang di pasar tersebut.
Pedagang di Jalan Perwakilan Yogyakarta diberi waktu hingga Sabtu (14/1/2023) untuk mengosongkan tempat mereka berjualan karena akan dilakukan pembongkaran bangunan.

 

Baca Juga: Sultan Sebut Pedagang di Jalan Perwakilan Jogja Ilegal

Baca Juga: Ini Rencana Pembangunan Jogja Planning Gallery di Malioboro

3. Pemkot berencana lakukan penataan Pasar Klitikan

Pemkot Tawarkan Pedagang Jalan Perwakilan Pindah ke Pasar Klitikan Pasar Pakuncen Yogyakarta (instagram.com/ceritaku_romi)

Aman menilai, Pasar Klithikan cukup tepat ditawarkan kepada pedagang di Jalan Perwakilan karena memiliki berbagai potensi, seperti lokasi pasar yang strategis yaitu di Jalan HOS Cokroaminoto.

“Saat ini, kuliner di ruas jalan tersebut berkembang cukup baik. Sedangkan, pedagang dari Jalan Perwakilan juga merupakan pedagang kuliner sehingga mereka bisa melengkapi dan tidak perlu mengubah jenis dagangan,” katanya.

Selain itu, lanjut Aman, Pemerintah Kota Yogyakarta berencana melakukan penataan di Pasar Klithikan khususnya untuk mendorong pertumbuhan kuliner. “Salah satu contohnya adalah seperti lantai dua Pasar Kranggan. Dulu sepi tetapi sekarang ramai,” katanya.

Baca Juga: 5 Kuliner Kekinian di Pasar Kranggan Jogja, Buka Sampai Malam

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya