Comscore Tracker

Ova Emilia Terpilih Menjadi Rektor UGM, Raih 21 Suara 

Pelantikan dilakukan 27 Mei mendatang

Sleman, IDN Times - Ova Emilia terpilih sebagai rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) dalam tahapan Pemilihan dan Penetapan Rektor oleh Majelis Wali Amanat (MWA) UGM, hari ini Jumat (20/5/2022) di Balai Senat UGM.

Dalam Rapat Pleno MWA ini, Ova Emilia, terpilih sebagai Rektor UGM Periode 2022 – 2027 setelah mendapat suara terbanyak.

“Kami sudah melakukan voting, dan hasilnya adalah Prof. Bambang Agus Kironoto memperoleh satu suara, Prof. Deendarlianto tiga suara, dan Prof. Ova Emilia memperoleh 21 suara. Dengan demikian calon rektor terpilih adalah Prof. Ova Emilia,” terang Ketua MWA UGM, Pratikno, Jumat (20/5/2022) 

 

1. Pemilihan rektor diikuti oleh anggota MWA secara luring dan daring

Ova Emilia Terpilih Menjadi Rektor UGM, Raih 21 Suara IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Pemilihan dan penetapan rektor diikuti oleh 17 anggota MWA secara luring dan 1 anggota secara daring. Anggota MWA yang hadir secara luring di antaranya Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim, Sri Sultan Hamengkubuwono X, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Mochamad Basuki Hadimuljono, Menteri Luar Negeri Retno L.P. Marsudi, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

2. Pelantikan dilakukan 27 Mei mendatang

Ova Emilia Terpilih Menjadi Rektor UGM, Raih 21 Suara Rektor UGM baru 2022-2077, Ova Emilia/ugm.ac.id

Pratikno yang memimpin jalannya rapat pleno mengatakan penetapan rektor oleh MWA menandai akhir dari rangkaian proses pemilihan rektor, dan rektor terpilih rencananya akan dilantik pada tanggal 27 Mei mendatang.

“Karena masa jabatan Rektor saat ini, Prof. Panut Mulyono, akan segera selesai, MWA akan melakukan pelantikan dalam waktu dekat,” imbuh Pratikno

 

Baca Juga: Terpilih 3 Calon Rektor UGM Periode 2022-2027 

3. Terdapat 7 kandidat rektor

Ova Emilia Terpilih Menjadi Rektor UGM, Raih 21 Suara Logo UGM. icst.ugm.ac.id

Sebelumnya terdapat tujuh orang yang mendaftar dalam proses seleksi, namun hanya enam yang lolos. Dalam tahap pemeriksaan dan verifikasi dokumen administrasi Seleksi Calon Rektor UGM terdapat nama Dr. Ir. Irawadi, CES yang merupakan dosen Universitas Wijaya Kusuma Purwokerto sebagai salah satu pendaftar, namun tersisih pada tahap pemeriksaan dan verifikasi dokumen administrasi.

Selanjutnya berdasarkan rapat panja yang dilakukan 25 Maret 2022, terdapat enam nama bakal calon rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) periode 2022 - 2027: 

1. Prof. Dr. Ali Agus, DAA., DEA., IPU., ASEAN Eng ( mantan Dekan Fakultas Peternakan UGM dua periode)

2. Prof. Dr. Ir. Bambang Agus Kironoto ( Wakil Rektor UGM Bidang SDM dan Aset)

3. Prof. Dr. Ir. Deendarlianto, S.T., M. Eng. (Kepala Pusat Studi Energi UGM)

4. Prof. dr. Ova Emilia, M. Med., Ed., Sp.OG (K)., Ph.D. (Dekan FKKMK UGM)

5. Prof. Dr. Sigit Riyanto, S.H., LL.M. ( mantan Dekan Fakultas Hukum UGM)

6. Prof. drh. Teguh Budipitojo, M.P., Ph.D. ( Dekan Fakultas Kedokteran Hewan UGM)

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya