Comscore Tracker

Natal dan Tahun Baru Makin Dekat, Harga Pangan di Gunungkidul Naik  

Pedagang perkirakan harga akan normal H+7 Tahun Baru 

Gunungkidul, IDN Times - Harga kebutuhan pokok di Gunungkidul mulai naik seiring tingginya permintaan warga. Kebutuhan pokok dengan harga tinggi, yakni telur ayam terpantau pada kisaran Rp30 ribu per kilogram, cabai rawit merah menembus kisaran Rp50 ribu per kilogram, dan bawang merah Rp30 ribu per kilogram.

 

1. Daftar 4 komoditas pangan yang harganya tinggi

Natal dan Tahun Baru Makin Dekat, Harga Pangan di Gunungkidul Naik  ilustrasi ternak ayam petelur (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Kepala Seksi Distribusi Bidang Perdagangan Dinas Perdagangan (Disdag) Gunungkidul Retno Utami di Gunungkidul, mengatakan setiap menjelang perayaan Natal dan tahun baru, permintaan bahan kebutuhan pokok mengalami peningkatan, sehingga menggerek harga pangan.

"Bahan kebutuhan pokok yang mengalami peningkatan dan saat ini harganya sangat tinggi, yakni telur, ayam, bawang merah, bawang putih," kata Retno, Jumat (9/12/2022). 

Kenaikan harga sejumlah bahan pokok sudah berlangsung setidaknya dalam sepekan terakhir. "Tingginya harga kebutuhan pokok menjelang Natal dan tahun baru memang lumrah terjadi " katanya dikutip Antara. 

2. Harga beras ikut naik

Natal dan Tahun Baru Makin Dekat, Harga Pangan di Gunungkidul Naik  Ilustrasi gudang beras. ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas

Menurut Retno, harga beras ikut terkerek lantaran persediaan sedang menipis dan belum masa panen. Kondisi ini setidaknya sudah terjadi sejak awal Desember. Menurutnya kenaikan harga masih dalam taraf normal.

"Persediaan kebutuhan pokok di pasaran secara umum masih mencukupi hingga akhir tahun. Sejauh ini tidak ada kelangkaan, kami terus melakukan pemantauan," kata Retno.

Baca Juga: Erina Gudono Siraman, Ini Arti Warna Hijau Pakaian yang Dipilih 

Baca Juga: Konsumsi Belalang Bulus, Seorang Warga Gunungkidul Meninggal

3. Pedagang perkirakan harga akan normal H+7 Tahun Baru

Natal dan Tahun Baru Makin Dekat, Harga Pangan di Gunungkidul Naik  Ilustrasi pedagang pasar tradisional. (IDN Times/Holy Kartika)

Sementara itu, pedagang sayur di Wonosari, Santi mengatakan harga kebutuhan pokok naik sejak awal Desember. Kenaikan secara bertahap seiring meningkatnya permintaan masyarakat. Setiap Natal dan tahun baru, perantau dari Gunungkidiul pulang kampung untuk berlibur, meski tidak banyak seperti saat lebaran. "Kami perkirakan harga bahan kebutuhan pokok akan kembali normal satu minggu setelah tahun baru," katanya.

Saat ini, harga kebutuhan pokok yang tinggi, yakni telur berkisar Rp28 ribu sampai Rp30 ribu, bawang merah juga sama, daging ayam Rp34 ribu, cabai rawit merah di atas Rp45 ribu per kilogram.

Baca Juga: 7 Resto dan Kafe di Jogja Kental Nuansa Bali, Nyaman Buat Santai

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya