Millennial Dominasi Pendaftaran Abdi Dalem Kraton Yogyakarta 

Abdi dalem ini akan menjadi korps musik Kraton Yogyakarta

Kota Yogyakarta, IDN Times - Anak muda mendominasi pendaftaran untuk menjadi abdi dalem Kraton Yogyakarta. Penghageng Kawedanan Hageng Punokawan Kridomardowo, Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Notonegoro mengatakan pendaftaran penerimaan abdi dalem yang digelar secara terbuka oleh Kawedanan Hageng Punakawan (KHP) Kridhomardowo Kraton Yogyakarta hingga Senin, 1 Maret 2021 sebagian besar diikuti oleh kalangan muda.

"Ada yang masih semester satu kuliah. Mungkin itu yang paling muda," kata Penghageng Kawedanan Hageng Punokawan Kridomardowo, Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Notonegoro pada Kamis (4/3/2021). 

1. Abdi dalem muda sebagai pengganti yang tua

Millennial Dominasi Pendaftaran Abdi Dalem Kraton Yogyakarta informasi penerimaan abdi dalem. Instagram/kratonjogja

Dilansir dari Antara, terdapat empat golongan abdi dalem yang dibuka pada penerimaan kali ini yakni bagian wiyaga  atau sebagai penabuh gamelan, pasindhen  yaitu penembang atau penyanyi untuk perempuan, lebdaswara yaitu penembang untuk laki-laki, dan musikan bagian korps musik yang bertugas memainkan alat musik barat di Kraton Yogyakarta.

Pembukaan penerimaan abdi dalem ini dilakukan karena sebagian abdi dalem yang berusia tua serta memiliki penyakit penyerta telah diminta untuk tidak aktif terlebih dahulu di masa pandemik. 

"Untuk itu (abdi dalem) yang muda-muda yang sehat jumlahnya terbatas, tinggal seperempatnya. Ini yang membuat kami membutuhkan tenaga segera," kata dia.

Baca Juga: Abdi Dalem Musikan: Tampil Memukau Usai Hilang Puluhan Tahun

2. 60 orang melamar jadi abdi dalem di

Millennial Dominasi Pendaftaran Abdi Dalem Kraton Yogyakarta IDN Times/Tunggul Kumoro

Seleksi penerimaan dilakukan dalam dua tahap. Pertama, dilaksanakan secara virtual dengan menyeleksi video yang dikirim peserta. Tahap ini sudah selesai dan tinggal menunggu keputusan panitia. Untuk tahap kedua akan dilaksanakan penilaian secara langsung oleh tim dari KHP Kridhomardowo di Kraton Yogyakarta.

"Sampai sekarang yang mendaftar sebanyak 60. Diambil berapa nanti tergantung. Kalau 60 bagus semua kami punya tempat untuk menerima semuanya, tetapi kalau tidak bisa memenuhi persyaratan ya maaf kami tidak bisa menerima.

 

3. Jumlah pendaftar di bawah target

Millennial Dominasi Pendaftaran Abdi Dalem Kraton Yogyakarta IDN Times/Tunggul Kumoro

Ketua Panitia Penerimaan Abdi Dalem Kridhomardowo MB. Brongtomadyo mengatakan dari 60 pendaftar yang berkas videonya telah diterima dan diseleksi, sebagian besar berusia 20 tahun sampai 35 tahun.

Mereka terdiri atas 23 orang pendaftar untuk golongan Wiyaga, 10 orang pendaftar lebdaswara, 5 orang pendaftar pasindhen, dan 23 orang pendaftar abdi dalem musikan.

"Masih muda-muda mayoritas sekitar usia 20 tahunan," kata Brongtomadyo.

Meski demikian, ia mengakui jumlah pandaftar yang masuk masih jauh dari target yang dibutuhkan Kawedanan Hageng Punakawan (KHP) Kridhomardowo yakni sebanyak 100 sampai 150 orang abdi dalem baru.

Baca Juga: Tak Sekadar Ruang Terbuka, Ini Fungsi Alun-alun Utara Kraton Jogja 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya