Comscore Tracker

Malioboro Ditutup, Kemacetan Terjadi di Jalan Letjen Suprapto 

Durasi lampu pengatur lalu lintas akan ditambah 

Kota Yogyakarta, IDN Times- Penutupan Jalan Malioboro hari ini kembali diberlakukan, Selasa (18/2). Bertepatan dengan momen Selasa Wage, Malioboro ditutup selama 12 jam dimulai pukul 09.00 - 21.00 WIB. 

Skenario uji coba untuk mengatur Malioboro menjadi kawasan semi pedestrian dilakukan. Pada uji coba hari ini Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta menutup akses Jalan Suryatmajan ke arah Malioboro.

Namun hasilnya beban keramaian kendaraan bermotor terjadi di Jalan Letjen Suprapto. Menurut Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogayakarta, Agus Arif Nugroho kepadatan terjadi di di jalan dekat dengan sentra Bakpia Pathuk, Yogyakarta disebabkan durasi pengatur lalu lintas berwarna hijau terlalu cepat, dan jalan yang terlalu sempit. 

 

 

Baca Juga: Ratusan Guiding Block Tuna Netra di Kawasan Pedestrian Kotabaru Hilang

1. Durasi lampu hijau akan ditambah

Malioboro Ditutup, Kemacetan Terjadi di Jalan Letjen Suprapto Jalan Malioboro saat Selasa Wage. IDN Times/Febriana Sinta

Agus Arif Nugroho pada uji coba yang akan datang agar tidak kepadatan di Jalan Letjen Suprapto, Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta akan menambah durasi waktu lampu pengatur lalu lintas. 

"Lampu pengatur lalu lintas yang berwarna hijau akan dibikin lebih lama 10 detik menjadi 45 detik terutama dari simpang empat Ngabean menuju ke arah Selatan," ujar Agus. 

 

2. Puncak kepadatan terjadi di sore hari

Malioboro Ditutup, Kemacetan Terjadi di Jalan Letjen Suprapto Jalan Mataram lancar saat Selasa Wage. IDN Times/Febriana Sinta

Kepadatan lalu lintas di Jalan Letjen Suprapto ini terutama terjadi pada sore hari. Hal ini dikeluhkan oleh salah seorang warga Ngampilan, Tika. 

"Sekitar jam 16.00 hingga 17.30 WIB padat sekali. Antrean lampu pengatur lalu lintas sangat panjang mencapai sekitar 200 meter. Mungkin saya kena tiga kali lampu merah, jadinya sangat lama," ujar karyawan swasta ini. 

3. Jalan di sekitar Malioboro lancar

Malioboro Ditutup, Kemacetan Terjadi di Jalan Letjen Suprapto Jalan Pasar Kembang lancar saat Selasa Wage. IDN Times/Febriana Sinta

Sementara itu dari pantauan IDN Times di Jalan Pasar Kembang dan Jalan Mataram, tidak sepadat Jalan Letjen Suprapto. Di kedua jalan ini dapat dilalui kendaraan bermotor tanpa harus mengalami kemacetan. 

 

Baca Juga: 6 Spot Wisata di Sekitar Malioboro yang Bisa Dikunjungi dalam Sehari

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya