Lebaran 2022, KRL Yogykarta - Solo Buka Rute hingga Stasiun Palur 

Per hari KRL Yogyakarta-Solo layani 5 ribu penumpang

Yogyakarta, IDN Times - PT Kereta Api akan memperpanjang rute KRL Yogyakarta-Solo hingga Stasiun Palur. Dibukanya operasional hingga ke Stasiun Palur, diharapkan dapat mengakomodasi kebutuhan transportasi massal bagi masyarakat di sekitar Karanganyar dan Sragen untuk menuju Solo atau ke Yogyakarta.

1. Target operasional sebelum Lebaran 2022

Lebaran 2022, KRL Yogykarta - Solo Buka Rute hingga Stasiun Palur ANTARAFOTO/Yulius Satria Wijaya

Direktur Utama KAI Commuter Roppiq Lutzfi Azhar memaparkan beberapa infrastruktur saat ini masih disesuaikan untuk pembukaan operasional yang targetnya akan dibuka sebelum Lebaran 2022. 

“Jaringan listrik aliran atas sebenarnya sudah sampai di Stasiun Palur, tetapi masih ada beberapa infrastruktur yang harus disesuaikan untuk mendukung operasional kereta,” kata Direktur Utama KAI Commuter Roppiq Lutzfi Azhar dilansir Antara, Selasa (1/3/2022). 

 

Baca Juga: 10 Syarat Naik Kereta Api Terbaru 2022 yang Wajib Kamu Pahami

2. Ini sejumlah rencana PT KAI

Lebaran 2022, KRL Yogykarta - Solo Buka Rute hingga Stasiun Palur Ilustrasi Gerbong KRL (Instagram.com/@ariefwismansyah)

Tak  hanya perpanjangan rute menuju ke Timur, PT KAI berencana mengembangkan layanan ke arah barat hingga wilayah Kutoarjo. Nantinya pengembangan operasional KRL akan dilengkapi dengan sarana pemeliharaan seperti depo di Stasiun Jebres dan juga lokasi untuk kebutuhan overhaul di sekitar Kutoarjo.

Perbaikan ketinggian jembatan di Jalan DI Panjaitan akan diperbaiki karena dinilai masih rendah sehingga perlu ditinggikan. Pekerjaan perbaikan infrastruktur pendukung operasional KRL dilakukan oleh pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan.

“Jika tidak ada kendala maka pekerjaan fisik tersebut dapat selesai pada April untuk selanjutnya KRL bisa dioperasionalkan sampai Palur. Nantinya, kereta juga akan berhenti di Stasiun Jebres,” katanya.

 

3. Rata-rata per hari KRL Yogyakarta-Solo layani 5 ribu penumpang

Lebaran 2022, KRL Yogykarta - Solo Buka Rute hingga Stasiun Palur Suasana KRL jurusan Tanah Abang-Parung Panjang, Jumat (10/7/2020) (IDN Times/Herka Yanis).

Selama satu tahun beroperasi, sejak 1 Maret 2021, KRL Yogyakarta-Solo sudah melayani sekitar 2,2 juta penumpang. Berdasarkan data periodik bulanan, volume pengguna KRL tertinggi tercatat pada Desember 2021 dengan mengangkut 290.618 penumpang atau rata-rata 9.375 penumpang per hari. Rata-rata harian sekitar 5 ribu hingga 6 ribu penumpang.

“Regulasi pemerintah terkait pandemi dan PPKM akan memberikan dampak pada jumlah penumpang KRL. Di saat weekend cenderung meningkat. Akhir pekan lalu tercatat 11 ribu penumpang," ujar Roppiq.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya