KPU Kota Yogyakarta Tunggu Data Pusat untuk Verifikasi Faktual Parpol 

Parpol di Kota Yogyakarta sudah serahkan persyaratan

Yogyakarta- IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta menunggu data dari KPU RI terkait partai politik apa saja di Kota Yogyakarta. Hal ini dibutuhkan untuk proses verifikasi administrasi dan faktual.

“Setelah pendaftaran ditutup, kami di kabupaten/kota akan mendapat data dari pusat terkait partai apa saja yang ada untuk kemudian diverifikasi,” kata anggota KPU Kota Yogyakarta Divisi Teknis Penyelenggaraan, Erizal, Senin (1/8/2022). 

1. KPU Kota Yogyakarta sudah siapkan tim verifikasi

KPU Kota Yogyakarta Tunggu Data Pusat untuk Verifikasi Faktual Parpol Logo KPU (journal.kpu.go.id)

Menurut Erizal pedoman pendaftaran dan verifikasi adalah PKPU Nomor 4 Tahun 2022 dan verifikasi akan dilakukan pada 2-11 September. “Kami siapkan tim untuk proses verifikasi dan seluruh tim harus memahami pedoman verifikasi yang berlaku,” katanya.

2. DPD PKS sudah penuhi syarat pendaftaran

KPU Kota Yogyakarta Tunggu Data Pusat untuk Verifikasi Faktual Parpol Logo baru PKS (Dok. PKS)

Ketua DPD PKS Kota Yogyakarta Nasrul Khairi menjelaskan partainya sudah memenuhi seluruh syarat pendaftaran partai politik yang disampaikan ke pengurus pusat untuk kebutuhan pendaftaran partai politik ke KPU pada Pemilu 2024.

“Segala syarat sudah kami kirimkan secara daring ke DPP melalui sistem pendaftaran internal dan menjadi bagian yang didaftarkan secara langsung ke KPU RI pada hari ini,” kata Nasrul Khairi dikutip Antara. 

Menurut dia, pemenuhan syarat untuk pendaftaran partai politik sudah dilakukan sejak dua bulan terakhir melalui sistem daring yang dibangun secara internal oleh partai.

Baca Juga: Satpol PP Gelar Patroli, Anak Keluyuran Malam Hari di Jogja Berkurang 

3. Partai Nasdem serahkan 1.270 keanggotaan

KPU Kota Yogyakarta Tunggu Data Pusat untuk Verifikasi Faktual Parpol Logo NasDem

Hal senada disampaikan oleh Sekjen DPD Partai NasDem Kota Yogyakarta Oleg Yohan yang memastikan seluruh syarat pendaftaran sudah terpenuhi dan sesuai. “Seluruh syarat pendaftaran sudah kami sampaikan ke DPP sejak awal Juli 2022. Semua syarat sudah terpenuhi, sesuai, dan komplet, bahkan sudah menyiapkan bakal calon legislatif untuk Pemilu 2024," katanya.

DPD Partai NasDem Kota Yogyakarta menyerahkan sekitar 1.270 keanggotaan untuk pendaftaran partai politik dari sekitar 3.800 anggota yang terdata.

“Seluruh anggota memiliki KTA dan mudah-mudahan tidak ada dobel dengan partai lain. Anggota yang terdata adalah murni konstituen anggota dewan dan jejaringnya,” katanya.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Thrift Shop di Jogja, Surganya Baju Preloved

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya