Hujan Terjadi di Jogja Dipengaruhi oleh Siklon Tropis Malakas

Hujan diperkirakan mulai terjadi saat siang hari

Yogyakarta, IDN Times - Hujan deras yang terjadi di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dipengaruhi adanya siklon tropis Malakas. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) kehadiran siklon tropis tersebut selain memicu terjadinya gelombang tinggi juga meningkatkan kecepatan angin dan pertumbuhan awan hujan.

 

1. Jogja terjadi hujan dengan intensitas sedang

Hujan Terjadi di Jogja Dipengaruhi oleh Siklon Tropis MalakasIlustrasi hujan (IDN Times/Sukma Shakti)

Prakirawan BMKG menyatakan di Pulau Jawa, hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di Kota Serang, Jakarta Pusat, dan Semarang. Hujan dengan intensitas sedang berpeluang turun di Kota Yogyakarta dan hujan yang disertai petir berpotensi terjadi di Kota Bandung.

2. Hujan mulai terjadi di siang hari pukul 13.00 WIB

Hujan Terjadi di Jogja Dipengaruhi oleh Siklon Tropis MalakasFoto hanya ilustrasi. (IDN Times/Mardya Shakti)

Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika, Stasiun Metereologi Yogyakarta memperkirakan cuaca untuk Selasa (12/4/2022), sebagian besar kecamatan di DIY turun hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dan disertai petir.

Berdasarkan data yang diunggah BMKG di Instagram @infobmkgyia, hujan rata-rata terjadi mulai pukul 13.00 - 15.00 WIB, beberapa wilayah di Sleman yang diperkirakan terjadi hujan petir, adalah Cangkringan, Depok, Minggi, Mlati, Nganglik, Ngemplak, Pakem, Seyegan, Sleman, Tempel, dan Turi. Untuk Kabupaten Kulon Progo terjadi di Kalibawang,Samigaluh,  

Baca Juga: Toko Beersama, Hidden Gems di Tengah Kota Yogyakarta 

3 Cuaca di sejumlah tempat wisata

Hujan Terjadi di Jogja Dipengaruhi oleh Siklon Tropis Malakaspinterest.com

Sedangkan prakiraan cuaca untuk wilayah di sekitar Merapi dan destinasi wisata di DIY selalu terjadi di siang di siang hari. Antara lain terjadi di Kapanewon Turi pada siang hari terjadi hujan petir, demikian juga di kapanewon Pakem, Cangkringan, dan Kaliurang.

Cuaca untuk perbukitan Menoreh di Kulon Progo terjadi hujan ringan di siang hari hingga malam hari. Hal yang sama diperkirakan terjadi di tempat wisata Pantai Glagah.

Di Kota Yogyakarta, kawasan Tugu terjadi hujan dengan intensitas ringan dari siang hingga malam hari.

Wilayah Kabupaten Sleman, juga terjadi hujan dengan intensitas ringan di sekitar Candi Prambanan. Untuk Pantai Parangtritis di Bantul terjadi hujan dengan intensitas sedang. Pantai Siung di Wediomong, Gunungkidul cuaca cerah dari pagi hingga malam hari.

   

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya