Hari Sumpah Pemuda, Abdi Dalem Keraton Yogyakarta Adakan Konser Musik 

Puluhan abdi dalem akan mementaskan lagu-lagu perjuangan

Yogyakarta, IDN Times - Peringati Hari Sumpah Pemuda, Keraton Yogyakarta selenggarakan pentas musik di Kagungan Dalem Bangsal Mandalasana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Berbeda dari pentas musikan sebelumnya, abdi dalem Musikan akan menghadirkan format pementasan string ansambel yaitu menggunakan alat musik gesek.

 

1. Pentas musik digelar besok Kamis (28/10/2021) tepat pukul 10.00 WI

Hari Sumpah Pemuda, Abdi Dalem Keraton Yogyakarta Adakan Konser Musik KPH Notonegoro saat memimpin orkestra Keraton Yogyakarta. Instagram/kph_notonegoro

Penghageng KHP Kridhomardowo Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat KPH Notonegoro menuturkan pentas musik digelar besok Kamis (28/10/2021) tepat pukul 10.00 WIB, akan ditandai lagu kebangsaan Indonesia Raya. 

"Kalau sebelumnya banyak instrumen tiup, kali ini akan didominasi violin, viola, cello, dan contrabass. Namun, tetap akan menghadirkan instrumen perkusi juga," kata menantu Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan HB X ini.

Lagu-lagu yang akan dimainkan dalam Pentas Musikan Mandalasana mengusung tema kebangsaan, perjuangan, dan kepemudaan. Antara lain Satu Nusa Satu Bangsa, Bhineka Tunggal Ika, Bangun Pemudi Pemuda, Garuda Pancasila, Tanah Airku, Dari Sabang Sampai Merauke, dan Bagimu Negeri.

Baca Juga: Dua Gending Baru dari Keraton Yogyakarta untuk Rayakan Sumpah Pemuda 

2. Prajurit keraton akan buka prosesi

Hari Sumpah Pemuda, Abdi Dalem Keraton Yogyakarta Adakan Konser Musik instagram.com/kratonjogja/

Seperti Pentas Musikan sebelumnya, iringan prajurit Keraton Yogyakarta menjadi pembuka prosesi dan menjemput para Abdi Dalem Musikan dari Bangsal Kasatriyan menuju Bangsal Mandalasana yang terletak di pelataran Kedhaton Keraton Yogyakarta. 

Pentas Musikan Mandalasana akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat bagi para Abdi Dalem yang bertugas. Jumlah pemain musik pun dibatasi agar tetap bisa menjaga jarak.

 “Acara ini akan dihadirkan secara virtual melalui live streaming di Youtube Kraton Jogja,” ujar KPH Notonegoro, Rabu (27/20/2021). 

3. Diharapkan memberikan semangat kebaruan dalam Pentas Musikan di Keraton Yogyakarta.

Hari Sumpah Pemuda, Abdi Dalem Keraton Yogyakarta Adakan Konser Musik IDN Times/Tunggul Kumoro

Pentas Musikan yang hadir dengan format string ensemble diharapkan memberikan semangat kebaruan dalam Pentas Musikan di Keraton Yogyakarta.

"Semoga bisa menular ke segenap lapisan masyarakat yang menyaksikan, karena sejatinya semangat kebaruan inilah yang mendasari semangat pembangunan para pemuda yang merupakan generasi penerus bangsa Indonesia," pungkas KPH Notonegoro.

 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya