Comscore Tracker

Hari ini Puncak Kedatangan Penumpang Kereta Api Jelang Libur Panjang 

Kedatangan penumpang di Stasiun Tugu naik 100 persen

Kota Yogyakarta, IDN Times - Hari ini, Rabu (28/10/2020) merupakan puncak kedatangan penumpang kereta api jelang libur bersama akhir bulan Oktober 2020. 

Humas PT Kereta Api Daops 6 Yogyakarta, Eko Budiyanto menyebutkan kedatangan penumpang di Stasiun Tugu dan Lempuyangan hari ini diperkirakan mencapai 7 ribu penumpang. 

“Puncak kedatangan liburan terjadi hari ini. Jumlah penumpang yang turun di Stasiun Tugu mencapai 4 ribu penumpang, sementara Lempuyangan jika dijumlah sekitar 3 ribu penumpang,” ujar Eko peda IDN Times, Rabu (28/10/2020). Eko menyebutkan jumlah kedatangan penumpang terbanyak berasal dari Jakarta. 

 

 

1. Jumlah kedatangan penumpang di Stasiun Tugu hari ini naik 100 persen

Hari ini Puncak Kedatangan Penumpang Kereta Api Jelang Libur Panjang IDN Times/Holy Kartika

Untuk kedatangan penumpang di Stasiun Tugu, Eko menyebutkan mengalami kenaikan sebanyak 100 persen.

“Biasanya untuk jumlah penumpang di saat pandemik ini, setiap harinya sekitar 2 ribu penumpang, Saat libur panjang ini naik 4 ribu,” ujar Eko. 

Baca Juga: 300 Personel Keamanan Jaga Tugu dan Malioboro Selama Libur Panjang 

3. Arus mudik diperkirakan terjadi Minggu (1/11/2020)

Hari ini Puncak Kedatangan Penumpang Kereta Api Jelang Libur Panjang IDN Times/Tunggul Kumoro

Hal yang sama diprediksi saat puncak arus mudik yang diperkirakan terjadi pada Minggu (1/11/2020). Eko menyebutkan saat ini jumlah kereta api yang dioperasikan lebih banyak menuju Jakarta dibanding ke Bandung atau Surabaya. 

Eko optimis jumlah penumpang yang menggunakan jasa layanan kereta api akan naik sebanyak 13 persen. 

“Keberangkatan kereta api selalu tepat waktu, selain itu juga dijaga maksimal 70 persen dari total kapasitas tempat duduk untuk memastikan protokol jaga jarak bisa dilakukan dengan baik.”

3. Rapid test penumpang kereta api dilakukan H-1 sebelum keberangkatan

Hari ini Puncak Kedatangan Penumpang Kereta Api Jelang Libur Panjang Ilustrasi rapid test plasma (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Eko juga mengimbau seluruh calon penumpang kereta jarak jauh untuk melakukan rapid test pada H-1 sebelum keberangkatan.

“Calon penumpang sangat dianjurkan mengakses layanan rapid test pada H-1 keberangkatan supaya tidak terburu-buru. Uji laboratorium kan juga membutuhkan waktu untuk mengetahui hasilnya,” Eko. 

Layanan rapid test di stasiun tersebut hanya dapat diakses oleh calon penumpang kereta api dengan menunjukkan tiket kereta api atau kode booking. Tarif rapid test ditetapkan Rp85.000 per penumpang.

Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19, menggelar kampanye 3 M : Gunakan Masker, Menghindari Kerumunan atau jaga jarak fisik dan rajin Mencuci tangan dengan air sabun yang mengalir. Jika protokol kesehatan ini dilakukan dengan disiplin, diharapkan dapat memutus mata rantai penularan virus. Menjalankan gaya hidup 3 M, akan melindungi diri sendiri dan orang di sekitar kita. Ikuti informasi penting dan terkini soal COVID-19 di situs covid19.go.id dan IDN Times.

Baca Juga: Long Weekend, Dishub Sleman Awasi Kapasitas Kendaraan di Tempat Wisata

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya