DIY Masuk PPKM Level 1, Siap Gelar Acara Dihadiri Ribuan Orang   

Acara yang digelar pertunjukan musik hingga olahraga

Yogyakarta, IDN Times - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan HB X mengeluarkan Instruksi Gubernur (Ingub) tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 1. 

Ingub nomor 16/INSTR/2022, berisi peraturan yang harus dilakukan wali kota dan bupati yang berada di DIY saat PPKM Level 1.

 

1. Ini aturan di masa PPKM Level 1

DIY Masuk PPKM Level 1, Siap Gelar Acara Dihadiri Ribuan Orang   ilustrasi pola makan sehat (IDN Times/Mardya Shakti)

Peraturan Gubernur selama masa PPKM Level 1 di antaranya, adalah tempat makan dari warteg hingga rumah makan dan kafe, buka hingga maksimal hingga pukul 22.00 WIB dengan jumlah kapasitas 100 persen. Hal yang sama juga diberlakukan di pusat perbelanjaan, pasar rakyat dan bioskop.

Pelaksanaan resepsi pernikahan, sekolah dan tempat ibadah juga diperbolehkan dibuka dengan jumlah kapasitas hingga 100 persen.

Selain Itu kegiatan seni dan budaya, olahraga dan pertunjukan dengan keramaian dapat diikuti dengan kapasitas, dengan catatan menerapkan protokol kesehatan dan penyediaan tempat cuci tangan.    

 

 

2. Event musik dan keramaian lainnya tetap izin polisi

DIY Masuk PPKM Level 1, Siap Gelar Acara Dihadiri Ribuan Orang   Pexels

Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo menjelaskan dirinya telah bertemu dengan penyelenggara event musik atau pertunjukan, terkait perizinan tidak perlu lagi menggunakan rekomendasi dari Satgas Covid-19.

"Perizinan kegiatan cukup hanya izin keramaian dari kepolisian sesuai dengan prosedur yang berlaku," ujar Singgih, Selasa (7/6/2022). 

Baca Juga: Geliat Thrifting di Jogja, Berubah dari Cari Merek ke Gaya

Baca Juga: 12 Makanan Khas Jogja yang Diakui sebagai Warisan Budaya Tak Benda

3. Daftar beberapa acara di DIY yang berskala besar

DIY Masuk PPKM Level 1, Siap Gelar Acara Dihadiri Ribuan Orang   pixabay.com

Beberapa acara wisata yang bakal digelar dalam waktu dekat di DIY adalah Simphony Orchestra yang akan dilaksanakan pada 26 Juni 2022 di Benteng Vredenburg dengan kapasitas pengunjung sekitar 500 orang. Pada tanggal 27 Juni 2022 digelar Violin Festival Tebing Breksi dengan kapasitas antara 500 hingga 1.000 orang.

"Ada sport tourism yaitu Tour De Ambarrukmo pada 20 Agustus, 14 Agustus itu Mandiri Marathon di Prambanan peserta sekitar 5 ribu orang. Ini yang agak besar," ucap Singgih. 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya