Comscore Tracker

Dinsos DIY Janji Jamin Hidup Anak Yatim Piatu Akibat COVID-19  

Akan beri bantuan pendidikan hingga SMA

Kota Yogyakarta, IDN Times - Dinas Sosial Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berjanji menjamin pendidikan anak yatim piatu yang orang tuanya meninggal dunia akibat COVID-19. Namun anak yang akan ditanggung oleh Dinsos DIY, akan dipastikan terlebih dahulu ada atau tidaknya pengampu dari saudara dekat, termasuk kepemilikan aset.

"Apakah dia punya aset, seperti rumah, atau dia masih punya keluarga bulek kah, bude, atau pakde. Maka itu harus ditanyakan dulu. Jika dia memang sudah sebatang kara, tidak punya apa-apa, dia tidak ada yang mengampu, maka kami punya balai," ujar Kepala Dinas Sosial DIY Endang Patmintarsih, dilansir Antara Kamis (5/8/2021). 

 

Baca Juga: Ratusan Anak di DIY Terpaksa Kehilangan Orangtua Akibat COVID-19

1. Belum ada anak yatim piatu yang ditangani

Dinsos DIY Janji Jamin Hidup Anak Yatim Piatu Akibat COVID-19  Ilustrasi anak yatim piatu. (IDN Times/Wayan Antara)

Dinsos DIY telah meminta pemerintah kabupaten/kota segera melakukan pendataan, termasuk melakukan penanganan sementara.

"Sampai saat ini belum ada laporan. Kami kan tidak bisa terus tiba-tiba menangani. Kami harus menyiapkan biaya makan, sekolah, dan semua biaya hidupnya," kata dia.

 

2. Dinsos DIY akan menyekolahkan anak-anak hingga SMA

Dinsos DIY Janji Jamin Hidup Anak Yatim Piatu Akibat COVID-19  Ilustrasi Pelajar. (IDN Times/Mardya Shakti)

Selain menanggung biaya pendidikan, Dinsos DIY juga bakal menjamin seluruh kebutuhan hidup anak, termasuk menghadirkan orang tua sambung hingga mampu hidup mandiri. Anak-anak pun akan mendapatkan bantuan sekolah hingga tingkat SMA. 

3. Tambah kapasitas RSPA

Dinsos DIY Janji Jamin Hidup Anak Yatim Piatu Akibat COVID-19  Kepala Dinas Sosial DIY, Endang Patmintarsih. IDN Times/Febriana Sinta

Dinsos DIY siap menambah kapasitas balai Balai Rehabilitasi Sosial dan Pengasuhan Anak (RSPA) termasuk penambahan SDM mengantisipasi lonjakan jumlah anak yang yatim piatu akibat COVID-19.

"Kan kondisinya memang begini ya, apa pun lah nanti akan kami upayakan. Yang jelas kami berbagi peran juga dengan kabupaten," kata dia.

Saat ini  RSPA DIY memiliki daya tampung 200 anak dan sudah dihuni 170-an anak yatim piatu. 

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya