Wisatawan Asal Kendal Nyaris Tenggelam di Pantai Sundak Gunungkidul

Seorang bocah terbentur karang usai diterjang ombak

Gunungkidul, IDN Times - ‎Seorang wisatawan di Pantai Sundak, Kalurahan Tepus, Kapanewon Tepus, Kabupaten Gunungkidul, nyaris tenggelam saat bermain air pada Rabu (26/4/2023) sekitar pukul 10.00 WIB. Beruntung, korban Zulkifli Sidabutar (21), warga Waleri, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, berhasil diselamatkan oleh tim SAR yang sedang bertugas.

1. Korban bermain air di daerah palung di Pantai Sundak‎

Wisatawan Asal Kendal Nyaris Tenggelam di Pantai Sundak GunungkidulRambu bahaya palung di pantai selatan. (IDN Times/Daruwaskita)

Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II, Gunungkidul, Surisdiyanto, mengatakan peristiwa laka laut berawal ketika korban dan rombongan datang ke Pantai Sundak kemudian bermain air yang terdapat palungnya.

"Petugas sudah menghimbau agar korban tidak bermain air ke tengah yang terdapat palungnya namun tidak dihiraukan korban," ucapnya.

2. Korban berhasil dievakuasi dengan perahu SAR‎

Wisatawan Asal Kendal Nyaris Tenggelam di Pantai Sundak GunungkidulIlustrasi evakuasi korban laka laut. (Dok. Sarsatlimas Wilayah II Gunungkidul)

Saat ada gelombang besar, korban tersapu gelombang dan terseret ke tengah dan tenggelam. Petugas yang mengetahui kejadian tersebut langsung memberi pertolongan dengan menggunakan perahu dan dievakuasi ke daratan.

"Saat dievakuasi korban dalam kondisi lemas dan mengalami trauma. Namun kondisinya terus membaik dan kembali bergabung dengan rombongan," kata Surisdiyanto.

Baca Juga: Jalan Masih Dibangun, Pemudik di JJLS Gunungkidul Diminta Hati-hati  

3. Kepala seorang wisatawan terbentur karang usai diterjang ombak di Pantai Krakal

Wisatawan Asal Kendal Nyaris Tenggelam di Pantai Sundak GunungkidulPengunjung objek wisata di Pantai Gunungkidul. (IDN Times/Istimewa)

Sementara itu di Pantai Krakal, Kalurahan Ngestiharjo, Kapanewon Tanjungsari, laka laut juga menimpa seorang wisatawan Muhammad Tegar (8) asal Kendal. Korban diterjang gelombang pasang hingga mengenai batu karang dan menyebabkan luka di bagian kepala.

"Petugas SAR yang mendapatkan laporan langsung memberikan pertolongan kepada korban," imbuh Surisdiyanto.‎

Baca Juga: 3 Wisatawan Tenggelam di Pantai Parangtritis, 1 Hilang

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya