Comscore Tracker

Wisata Gunungkidul Ditutup, Ratusan Wisatawan Nekat Kunjungi Pantai

Mereka langsung diminta putar balik oleh petugas

Gunungkidul, IDN Times -Penutupan tempat wisata pantai di Gunungkidul masih dilakukan hingga hari ini, namun peraturan tersebut  diacuhkan warga. Nyatanya ratusan pengunjung nekat mendatangi wisata andalan Gunungkidul saat libur Lebaran. 

Baca Juga: Warga Gunungkidul Kaget Balon Udara Berukuran Besar Beterbangan  

1. Ratusan wisatawan sejak pagi sudah diminta putar balik dan pulang‎

Wisata Gunungkidul Ditutup, Ratusan Wisatawan Nekat Kunjungi PantaiWisatawan diminta segera meninggalkan pantai karena obyek wisata masih ditutup. IDN Times/Istimewa

Sekretaris Tim SAR Satlinmes Wilayah II, Gunungkidul, Surisdinyanto mengatakan sejak pagi ratusan wisatawan mulai mengunjungi tempat wisata pantai, namun pihak keamanan meminta mereka untuk putar balik.

"Sejak pagi tadi ratusan wisatawan sudah kita minta putar balik dan pulang, karena obyek wisata masih ditutup," katanya, Senin (25/5).

2. Pantai Indrayanti, Krakal dan Pantai Sepanjang paling banyak disasar wisatawan‎

Wisata Gunungkidul Ditutup, Ratusan Wisatawan Nekat Kunjungi Pantaiinstagram.com/guspan64

Wisatawan yang diminta putar balik ini kebanyakan menuju Pantai Pulang Sawal yang disebut juga pantai Indrayanti, Pantai Krakal dan Pantai Sepanjang. Bahkan banyak wisatawan yang melalui jalur tikus agar bisa sampai ke pantai. 

"Ya intinya kami ajak bicara baik-baik dan diminta untuk pulang," ucapnya.‎

Meski sudah diminta meninggalkan pantai, ada beberapa wisatawan yang meminta waktu untuk istirahat sejenak. "Sebagian besar wisatawan merupakan wisatawan lokal Gunungkidul, ada juga beberapa wisatawan dari luar kota," terangnya.

3. Perketat penjagaan pada pintu masuk obyek wisata pantai‎

Wisata Gunungkidul Ditutup, Ratusan Wisatawan Nekat Kunjungi PantaiPetugas Sar Satlinmas Wilayah II Gunungkidul memantau kedatangan wisatawan. IDN Times/Daruwaskita

Sekretaris Dinas Pariwisata, Gunungkidul, Harry Sukmono mengatakan sampai saat ini belum ada obyek wisata di Gunungkidul yang dibuka. Untuk pihaknya akan memperketat pintu masuk obyek wisata pantai. 

"Karena banyak yang datang kita memperketat penjagaan pintu masuk obyek wisata pantai," ucapnya.

Saat ini sejumlah petugas dari Dispar Gunungkidul dan polisi yang ditempatkan di Posko Penyekatan tak henti-hentinya mengingatkan wisatawan untuk tidak masuk lokasi wisata.

Baca Juga: Kasus COVID-19 di DIY: Berita Gembira, Pasien Sembuh Capai 53 Persen

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya