Comscore Tracker

Tengah Imami Salat, Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Terperosok ke Sumur

Saat dievakuasi, korban sudah meninggal dunia‎

Bantul, IDN Times - Seorang mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta bernama M Sirojul Milai asal Bogor, Jawa Barat, meregang nyawanya akibat terperosok ke dalam sumur di Musala Pondok Pesantren Ilmu Giri, Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul pada Sabtu malam (30/11).

Saat terjerumus masuk dalam sumur dengan lebar 2 x 2 meter tersebut, korban tengah menjadi imam salat Isya. Ternyata lantai tempat imam sudah dalam kondisi rapuh sehingga jebol saat salat berlangsung. Saat dievakuasi, korban ditemukan meninggal dunia.

Baca Juga: Antisipasi Serangan Tawon Vespa, BPBD Gelar OTT di Bantul

1. Lantai musala jebol saat sujud di rakaat ketiga‎

Tengah Imami Salat, Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Terperosok ke SumurMusala pesantren imogiri Bantul. IDN Times/Daruwaskita

Salah satu saksi, Miyem, mengatakan kejadian lantai musala runtuh dan menyebabkan korban masuk sumur sekitar pukul 19.00 WIB. Korban bersama puluhan temannya melaksanakan salat Isya berjamaah.

Pada saat sujud di rakaat ketiga, tiba-tiba korban terperosok akibat lantai yang rapuh. Tepat di bawah lantai tempat imam terdapat sumur yang hanya ditutup dengan papan kayu dan bambu dan tidak mampu menahan beban tubuh korban.

"Bambunya juga sudah rapuh. Korban langsung masuk sumur. Mereka juga tidak tahu kalau di bawah musala ada sumurnya," katanya, Minggu (1/12).

2. Evakuasi korban berlangsung sekitar 30 menit‎

Tengah Imami Salat, Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Terperosok ke SumurIlustrasi teman korban memberi penerangan dari lubang lantai musala yang jebol saat proses evakuasi korban. IDN Times/Istimewa

Miyem mengaku saat kejadian dirinya berada di dalam rumah tak jauh dari pondok pesantren. Ia didatangi mahasiswa untuk meminjam tampar guna menolong korban yang berada di dalam sumur.

"Kondisi saat ini memang gaduh dan ada teriakan minta tolong. Warga pun datang ke lokasi untuk melihat apa yang sebenarnya terjadi," katanya.

"Evakuasi korban berlangsung sekitar 30 menit. Teman korban dengan tubuh diikat  tampar kemudian turun ke sumur dan membawa korban ke atas, namun (korban) sudah dalam kondisi meninggal dunia," terangnya lagi.

3. Korban sempat dibawa ke RSUD Panembahan Senopati‎

Tengah Imami Salat, Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Terperosok ke SumurRSUD Penembahan Senopati Bantul.IDN Times/Daruwaskita

Sementara warga lainnya, Wardoyo, mengatakan musala yang digunakan untuk salat Isya dibangun menggunakan bambu termasuk lantainya. Sedangkan bagian fondasi berupa cor.

"Sumur itu dalamnya sekitar 7 meter dengan kedalaman air sekitar 3 meter. Korban ternyata tidak bisa berenang. Setelah berhasil dievakuasi korban dilarikan ke RSUD Panembahan Senopati Bantul dan jenazah diambil keluarga sekitar pukul 02.00 WIB," terangnya.

Kanit Reskrim Polsek Imogiri, Iptu Suyanto menjelaskan hasil pemeriksaan Inafis menyatakan kejadian tersebut murni kecelakaan dan tidak ditemukan tanda-tanda penganiayaan.

"Keluarga juga sudah menerima kejadian tersebut," tuturnya.‎

Baca Juga: Satu Korban Kapal Nelayan Terbalik di Pantai Nampu Ditemukan Meninggal

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You