Tangani Sampah, 3 Kalurahan di Bantul Terima Bantuan Danais

Dana per padukuhan Rp50 juta bisa untuk tangani sampah

Bantul, IDN Times - Tiga kalurahan di Kabupaten Bantul menerima Dana Keistimewaan (Danais) dari pemerintah untuk mempercepat penanganan sampah. Dana tersebut menambah anggaran pengelolaan sampah di daerah yang dikucurkan melalui APBD maupun Program Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Perdukuhan (P2MBP).

1. Dana Keistimewaan untuk tangani sampah Rp6 miliar

Tangani Sampah, 3 Kalurahan di Bantul Terima Bantuan DanaisKepala Dinas Lingkungan Hidup Bantul, Ari Budi Nugroho (IDN Times/Daruwaskita)

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bantul, Ari Budi Nugroho mengatakan besaran Dana Keistimewaan yang diberikan kepada tiga kalurahan untuk menangani sampah di wilayahnya mencapai Rp6 miliar.

"Tiga kalurahan yang mendapatkan kucuran Dana Keistimewaan diantaranya Kalurahan Panggungharjo di Kapanewon Sewon, Guwosari (Pajangan), dan Karangtengah (Imogiri)," katanya, Minggu (30/7/2023).

2. Dana Keistimewaan dapat mengoptimalkan Tempat Pengelolaan Sampah

Tangani Sampah, 3 Kalurahan di Bantul Terima Bantuan DanaisIlustrasi Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) (ANTARA FOTO/Makna Zaezar)

Ari berharap, bantuan Dana Keistimewaan tersebut dapat mengoptimalkan Tempat Pengelolaan Sampah (TPS) 3R (Reduce, Reuse, Recycle). Ari juga menyatakan tiap perdukuhan diminta mengelola sampah. Anggaran pengelolaannya bisa menggunakan P2MBP. Sebagaimana diketahui, besaran P2MBP mencapai Rp50 juta per perdukuhan.

Anggaran P2MBP digunakan untuk tiga hal, yakni lingkungan, pendidikan, dan kesehatan. Untuk pendidikan, di antaranya dipakai untuk mendorong kemajuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Sementara di bidang kesehatan, anggaran tersebut bisa dimanfaatkan untuk penanganan stunting dan kesehatan lansia.

"Untuk lingkungan, salah satunya bisa digunakan untuk penanganan sampah,” ujarnya.

Baca Juga: Kurangi Sampah Organik, Pemkot Jogja Luncurkan Program Mbah Dirjo

3. Bumkal Panggungharjo terima Dana Keistimewaan Rp2,9 miliar

Tangani Sampah, 3 Kalurahan di Bantul Terima Bantuan DanaisIlustrasi pengolahan sampah di TPS 3R (Dok.IDN Times/Istimewa)

Direktur BUMKal Panggung Lestari Kalurahan Panggungharjo, Eko Pambudi, mengatakan tahun 2023 ini pihaknya mendapatkan suntikan danais Rp2,9 miliar. Jumlah tersebut lebih banyak dari tahun lalu sebesar Rp1 miliar.

Anggaran Rp2,9 miliar digunakan untuk pengelolaan sampah dan IPAL. Pengelolaan sampah di antaranya untuk memperluas bangunan dan gudang serta pembelian peralatan seperti timbangan duduk dengan kapasitas dua ton.

"Anggaran paling banyak digunakan untuk infrastruktur dan pembelian alat saja," katanya.

Baca Juga: Dana Sampah Padukuhan Bantul Tak Cukup, Warga Buat Lubang Tanah    

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya