Comscore Tracker

Ratusan Warga Bantul Terima Buku Rekening BSPS dari PUPR

Selama tahun 2018-2020, PUPR salurkan 4.483 BSPS

Bantul, IDN Times - ‎Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyerahkan buku tabungan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) tahap II.

Buku tabungan tersebut diserahkan kepada 777 penerima di Kabupaten Bantul yang berlangsung di Kantor Kecamatan Pajangan Kabupaten Bantul. Sedangkan total penerima program BSPS tahun 2020 di Kabupaten Bantul ini mencapai 1.145 penerima.

Baca Juga: Ratusan ASN di Pemkab Bantul Ikuti Uji Swab Massal Selama Dua Pekan

1. Program BSPS menyasar warga yang rumahnya tidak layak huni‎

Ratusan Warga Bantul Terima Buku Rekening BSPS dari PUPRPenyerahan buku rekening program BSPS kepada warga penerima program. IDN Times/Daruwaskita

Kepala Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan DI Yogyakarta mewakili Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Jawa III, Arifman menjelaskan program BSPS ini sesuai amanat UU Nomor 1 Tahun 2011 pasal 44. Di mana Kementerian PUPR prinsipnya mendorong masyarakat untuk membangun rumah secara swadaya.

"Program BSPS diperuntukkan bagi warga yang memiliki rumah tidak layak huni," katanya, Senin (21/9/2020).‎

Program BSPS tahap 2 menyasar kepada 777 warga Bantul yang memiliki rumah tidak layak huni dan masuk program BSPS. Rumah layak huni harus memenuhi unsur keselamatan, ketahanan bangunan, kecukupan luas lahan, dan kesehatan, termasuk di dalamnya akses air minum dan sanitasi.

"Dalam kurun waktu 2018-2020 program BSPS telah menyasar kepada 4.483 warga Bantul," ungkapnya.

2. Pemerintah berusaha memikirkan warganya yang belum memiliki rumah tidak layak huni‎

Ratusan Warga Bantul Terima Buku Rekening BSPS dari PUPRDok. Istimewa

Sementara anggota DPRD DIY yang turut hadir dalam penyerahan buku rekening BSPS, Joko Purnomo mengatakan rumah layak huni sangat penting bagi hidup warga. Oleh karena itu, pemerintah turut memikirkan bagaimana membantu masyarakat yang saat ini tinggal di rumah tidak layak huni agar bisa tinggal nyaman di rumah layak huni.

"Program BSPS ini merupakan perjuangan dari Bapak HM Idham Samawi melalui aspirasinya yang diajukan ke Kementerian PUPR," ujarnya.

3. Program BSPS bisa menyelesaikan pembangunan rumah yang baru setengah jadi‎

Ratusan Warga Bantul Terima Buku Rekening BSPS dari PUPRIDN Times/Shemi

Salah satu penerima program BSPS, Sihono (38) warga Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan mengatakan bantuan BSPS ini bisa membantu dalam menyelesaikan pembangunan rumah sehingga menjadi rumah layak huni.

"Saya ini hanya buruh, jadi untuk membangun rumah jadi butuh biaya banyak. Dengan bantuan BSPS ini saya bisa menyelesaikan pembangunan rumah," katanya.‎

Baca Juga: Hore, ke Bandara YIA Kini Bisa Naik Bus DAMRI di Palbapang Bantul!

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya