Puluhan Rumah Rusak Akibat Hujan Angin di Bantul, Dua Orang Terluka

Ratusan pohon juga tumbang

Bantul, IDN Times - ‎Puluhan rumah di Kalurahan Sumbermulyo, Kapewon Bambanglipuro, Kabupaten Bantul rusak akibat diterjang hujan lebat yang disertai angin kencang pada Rabu (27/4/2022) sore. Setidaknya dua orang mengalami luka-luka.

Baca Juga: Libur Lebaran, IGD 17 RS dan 16 Puskesmas di Bantul Buka 24 Jam

1. Puluhan rumah di Sumbermulyo, Bambanglipuro, rusak bahkan roboh‎

Puluhan Rumah Rusak Akibat Hujan Angin di Bantul, Dua Orang TerlukaIlustrasi pohon tumbang timpa rumah warga(IDN Times/dok BPBDPPU)

Kepala Pemerintahan Kalurahan Sumbermulyo, Astriyono, mengatakan setidaknya rumah warga yang ada di delapan padukuhan mengalami rusak hujan lebat yang disertai dengan angin kencang.

"Kerusakan rumah mulai dari atapnya berhamburan, rumah tertimpa pohon hingga bangunan roboh akibat tertimpa pohon," katanya, Kamis (28/4/2022).

2. Warga dan relawan bergotong royong memperbaiki rumah yang rusak‎

Puluhan Rumah Rusak Akibat Hujan Angin di Bantul, Dua Orang TerlukaTim SAR bersama relawan menyingkirkan batang pohon yang tumbang menimpa rumah warga. ANTARA FOTO/Anis Efizudin

Menurutnya kerusakan rumah mulai dari atap berhamburan hingga bangunan rumah roboh tertimpa pohon terbanyak di Padukuhan Jogodayah menyusul Padukuhan Gresik.

"Di Padukuhan Gresik bahkan ada rumah joglo yang roboh dan rata dengan tanah," katanya.

Saat ini sejumlah warga dibantu relawan sedang bergotong royong membersihkan pohon yang menimpa rumah hingga memperbaiki rumah yang rata dengan tanah.

"Di Padukuhan Gunungan juga ada pohon kenanga yang roboh dan menimpa jaringan listrik hingga kabel putus. Namun saat ini sudah diperbaiki oleh PLN," tuturnya. "Untuk kerugian material masih kita datang sedangkan korban jiwa nihil."

3. Ratusan pohon tumbang di sejumlah kapanewon di Bantul

Puluhan Rumah Rusak Akibat Hujan Angin di Bantul, Dua Orang TerlukaIlustrasi hujan deras disertai angin kencang menyebabkan pohon tumbang. (Dok. BPBD Purbalingga)

Sementara, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul, Agus Yuli Herwanta, mengatakan hujan lebat disertai angin kencang menyebabkan ratusan pohon tumbang menimpa rumah, jaringan listrik hingga menyebabkan listrik padam hingga menutup akses jalan.

"Kita masih melakukan update data, namun pohon tumbang terjadi di Kapanewon Kasihan, Sewon, Banguntapan, Sewon, Jetis, Sanden, Bambanglipuro hingga Kapanewon Imogiri,"ucapnya.

Hujan lebat disertai angin kencang dan petir juga menyebabkan dua warga mengalami luka ringan namun bisa dikondisikan dan langsung dilarikan ke rumah sakit.

"Ada dua korban luka ringan akibat bencana hidrometereologi ini. Untuk korban meninggal nihil," katanya.

Baca Juga: Warga Mulai Mudik, Polres Bantul Gencarkan Patroli Rumah Kosong 

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya