Comscore Tracker

Poros Tengah Usulkan Amir Syarifuddin di Pilkada Bantul

Amir mengaku siap maju pilkada

Bantul, IDN Times - Partai politik yang tergabung dalam poros tengah Pilkada Bantul yakni PAN, PPP, PKS dan Partai Demokrat mengajukan nama Amir Syarifuddin. Salah satu penggagas poros tengah itu, diusulkan menjadi bakal calon bupati ataupun bakal calon wakil bupati Bantul.

Baca Juga: Memakai Baju Kebesaran Kraton, Sultan HB X Temui Raja Belanda 

1. Elektabilitas Amir tak kalah dengan bakal calon lainnya

Poros Tengah Usulkan Amir Syarifuddin di Pilkada BantulPenggagas poros tengan, Mahmud Ardi Widanto(kiri), Hasyim Turmudzi (tengah), Nur Rakhamat (kanan). IDN Times/Istimewa

Salah satu penggagas poros tengah yang juga Ketua DPC PPP Kabupaten Bantul, Hasyim Turmudzi mengatakan, sosok Amir Syarifuddin layak dipertimbangkan menjadi salah satu kandidat bakal calon bupati ataupun bakal calon wakil bupati Bantul.

"Banyak pertimbangan sosok Amir Syarifuddin layak untuk diusung oleh poros tengah menjadi bakal calon bupati atau bakal calon wakil bupati Bantul," ujarnya, Selasa (11/3).

Sosok Amir, kata Hasyim, merupakan politikus senior. Selain itu, sebagai Ketua DPD II PKS Bantul, Amir memperoleh 30 ribu suara dalam Pilleg 2019, sehingga secara elektabilitas tidak kalah dengan Suharsono dan Abdul Halim Muslih maupun Joko Purnomo.

"Siapa sih yang tidak kenal nama Amir Syarifuddin Ketua DPD II PKS Bantul, mantan anggota DPRD Bantul 3 periode dan kini terpilih menjadi anggota DPRD DIY dengan suara terbanyak," kata politikus PPP ini.

2. Partai yang tergabung dalam poros tengah masih solid

Poros Tengah Usulkan Amir Syarifuddin di Pilkada BantulKetua DPD II PAN Bantul, Mahmud Ardi Widanto, Ketua DPD II PKS Bantul, Amir Syarifuddin, Ketua DPC Partai Demokrat Bantul, Nur Rakhmat melakukan pertemuan di sebuah rumah makan di Bantul, Rabu malam(26/2). IDN Times/Istimewa

Hasyim mengatakan sejauh ini partai yang tergabung poros tengah masih solid, meski Suharsono sudah memperoleh rekomendasi dari Partai Gerindra. Ia menambahkan belum ada parpol di poros tengah yang ingin bergabung dengan partai besutan Prabowo Subianto tersebut.

Bahkan poros tengah siap mengambil kandidat yang mendapatkan rekomendasi dari Golkar untuk bergabung dengan poros tengah.

"Tapi politik itu dinamis ya, bisa saja 3 hari jelang pendaftaran pasangan calon ke KPU Bantul partai yang bergabung di poros tengah pindah ke lain hati. Namun saya tegaskan sampai hari ini partai yang tergabung dalam poros tengah masih solid," ujarnya.

Penggagas poros tengah lainnya, Mahmud Ardi Widanto mengatakan, Amir Syarifuddin bisa saja jadi bakal calon bupati atau wakil bupati.

"Ya untuk pasangan calon nantinya siapa yang akan berposisi sebagai bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati merupakan kesepakatan bersama poros tengah. Namun dengan kursi 4 di PKS dan 5 kursi di PAN semuanya layak untuk diusung baik bakal calon bupati atau bakal calon wakil bupati Bantul," ungkapnya.

3. Amir Syarifuddin menyatakan siap diusung oleh poros tengah‎

Poros Tengah Usulkan Amir Syarifuddin di Pilkada BantulKetua DPC PDIP Bantul Joko Purnomo (kiri) dan Ketua DPD PKS Bantul Amir Syarifuddin (kanan) salam komando. IDN Times/Daruwaskita

‎Terpisah, Amir Syarifuddin mengaku terkejut namanya diusulkan menjadi kandidat bakal calon bupati atau bakal calon wakil bupati oleh poros tengah. Pasalnya, PKS juga punya kandidat lain yakni dr. Sagiran dan artis Soimah.

"Saya kaget namun saya berterima kasih kepada poros tengah dan jika dikehendaki saya siap maju," kata politikus asal Piyungan ini.‎

Baca Juga: PAN, PKS dan PPP Beri Sinyal Berkoalisi dalam Pilkada Bantul 2020

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya