Comscore Tracker

Pegawainya Positif COVID-19, Dua Kantor di Pemkab Kulon Progo Ditutup

Penutupan sementara kantor untuk sterilisasi

Kulon Progo, IDN Times - ‎Ada pegawainya yang positif COVID-19, kantor kaluharan dan kapanewon di Kabupaten Kulon Progo harus ditutup sementara.

Dua kantor kalurahan dan kapanewon yang harus ditutup sementara yakni kantor Kapanewon Pengasih dan kantor Kalurahan Jatisarono, Kapanewon Nanggulan.

Baca Juga: Bertambah 25, Klaster Perkantoran di Kulon Progo Jadi 27 Kasus

1. Kantor Kapanewon Pengasih dan kantor Kalurahan Jatisarono ditutup dua hari‎

Pegawainya Positif COVID-19, Dua Kantor di Pemkab Kulon Progo DitutupJuru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Kabupaten Kulon Progo,Baning Rahayujati . (FOTO ANTARA/Sutarmi)

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kulon Progo, Baning Rahayujati, menjelaskan penutupan kantor Kapanewon Pengasih dan kantor Kalurahan Jatisarono dilakukan selama dua hari terhitung hari Senin (23/11/2020) hingga Selasa (24/11/2020) besok. 

"Awalnya ada satu pegawai di kantor Kapanewon Pengasih dan kantor Kalurahan Jatisarono yang terkonfirmasi positif," katanya, Senin (23/11/2020).

2. Tracing kontak erat telah dilakukan uji swab dan menunggu hasil uji swab keluar

Pegawainya Positif COVID-19, Dua Kantor di Pemkab Kulon Progo DitutupIlustrasi Swab Test (ANTARAFOTO/Basri Marzuki)

Dinas Kesehatan telah melakukan tracing kontak erat kepada pegawai lainnya di dua kantor tersebut dan hasil uji swab masih menunggu. Sembari menunggal hasil tes usap, maka kantor ditutup sementara.

"Sementara ditutup selama dua hari," ungkapnya.

Baning mengatakan dua pegawai di dua kantor yang berbeda tersebut terkonfirmasi positif dari sumber penularan yang berbeda. Untuk pegawai di Kapanewon Pengasih melakukan kontak erat dengan pasien positif COVID-19 dari klaster Disdukcapil. Sedangkan pegawai di Kalurahan Jatisarono dari penularan keluarga.

"Jadi dua sumber penularan yang berbeda. Satu dari klaster Disdukcapil dan penularan keluarga," terangnya.

3. Penutupan kantor Kapanewon Pengasih untuk mencegah penularan COVID-19 dan keperluan sterilisasi‎

Pegawainya Positif COVID-19, Dua Kantor di Pemkab Kulon Progo DitutupIlustrasi sterilisasi. ANTARA FOTO/Olha Mulalinda

Panewu Pengasih, Triyanto Raharjo membenarkan adanya penutupan sementara kantor Kapanewon Pengasih. Demikian pula aktivitas pelayanan kepada masyarakat akan kembali normal pada hari Rabu (25/11/2020) lusa.

"Meski layanan tatap muka ditutup sementara namun layanan lewat media sosial atau kontak whatsapp masih disediakan oleh pemerintah kapanewon," ucapnya.

"Layanan tatap muka kami tutup sementara untuk mencegah penularan COVID-19 dan dalam rangka sterilisasi kantor kapanewon," tambahnya lagi.‎

Baca Juga: Ratusan Santri Ponpes di Bantul Positif COVID-19, Berikut Kronologinya

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya