Comscore Tracker

PBB dan Nasdem Masih Belum Jatuhkan Pilihan di Pilkada Bantul 

Pilkada berpotensi hanya akan diikuti 2 pasangan calon

Bantul, IDN Times -‎ Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Nasional Demokrat (Nasdem) yang memiliki masing-masing 1 kursi di DPRD Bantul hingga saat ini belum menentukan sikap terkait dukungan kepada siapa dalam Pilkada Bantul 23 September 2020 yang akan datang. Kedua partai masih menunggu hasil survei terkait elektabilitas para calon.

Baca Juga: Apdesi Bantul Ingin Pilkadus Langsung, Bupati Akan Keluarkan Perbup

1. Politik masih cair, PBB belum putuskan dukungan ‎

PBB dan Nasdem Masih Belum Jatuhkan Pilihan di Pilkada Bantul Pengurus PDIP dan PKB rayakan koalisi dalam Pilkada Bantul 2020

Ketua DPW PBB DIY, Supriyono mengatakan partainya akan memilih calon yang terbaik.

"Tapi sampai saat ini masih cair dan belum tahu siapa calon yang nantinya akan di dukung PB," katanya, Jumat (14/1).

Pria yang akrab Ustaz Supri Kantong ini menilai bakal calon bupati yang kini santer dibicarakan yakni Suharsono dan Abdul Halim Muslih sama-sama layak untuk memimpin Bantul. Hanya, PBB yang dulunya mendukung Harsono-Halim saat Pilkada 2015, belum tentu mendukung mereka karena mungkin saja ada poros baru yang jauh lebih menjanjikan.

"Potensi adanya poros baru masih terbuka lebar karena sejauh ini baru PDIP dan PKB yang menyatakan berkoalisi namun Partai Gerindra dan lainnya belum menyatakan adanya koalisi," kata anggota Komisi D DPRD Bantul ini.

2. Partai Nasdem menunggu hasil survei internal

PBB dan Nasdem Masih Belum Jatuhkan Pilihan di Pilkada Bantul Ketua DPC Partai Nasdem Bantul, Bibit Rustamto. IDN Times/Daruwaskita

Sementara Ketua DPC Partai Nasdem Kabupaten Bantul, Bibit Rustamto mengatakan komunikasi politik saat ini masih cair sehingga berbagai kemungkinan bisa terjadi.

"Kita ndak terburu-buru memberikan dukungan kepada sosok bakal calon bupati atau bakal calon wakil bupati," katanya.

Nasdem saat ini sedang melakukan survei internal terhadap para bakal calon bupati yang akhir-akhir ini muncul.

"Hasil survei akan keluar Februari. Siapa yang akan didukung nantinya menunggu keputusan dari DPW Nasdem DIY untuk mendapatkan rekomendasi dari DPP Nasdem," ujarnya.

3. Pilkada Bantul berpotensi hanya akan diikuti oleh 2 pasangan calon

PBB dan Nasdem Masih Belum Jatuhkan Pilihan di Pilkada Bantul Bupati Bantul Suharsono dan Wakil Bupati Bantul Abdul Halim Muslih bersama Relawan Jas Merah saat pelantikan Suharsono-Halim. IDN Times/Daruwaskita

Namun melihat peta politik yang ada saat ini sangat dimungkin Pilkada Bantul akan hanya ada 2 pasangan calon yang akan bertarung dalam Pilkada mendatang yakni Suharsono sebagai bupati petahana dan Abdul Halim Muslih yang saat ini menjabat wakil bupati.

"Ya petahana ini yang punya potensi kuat terpilih dalam Pilkada Bantul mendatang,"ujarnya.‎

Baca Juga: Hingga Awal Februari Jumlah DBD di Bantul Mencapai 160 Kasus

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya