Libur Lebaran, PAD Sektor Pariwisata Bantul Lampaui Rp1,6 Miliar

Kunjungan wisatawan ke Pantai Depok tak seramai Lebaran 2019

Bantul, IDN Times - ‎Data dari Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Bantul menyebutkan jumlah wisatawan di objek wisata yang dikelola Pemkab Bantul mencapai 162.715 orang sejak hari-H hingga H+4 Lebaran pada pada Jumat (6/5/2022). Kunjungan tersebut menyumbang pemasukan ke Pendapatan Asli Daerah (PAD) lebih dari Rp1,6 miliar.

Baca Juga: Lebaran 2022 Jadi Momentum Kebangkitan Wisata Dlingo Bantul

1. Kunjungan wisatawan mencapai 162.715 orang sudah melebihi target yang dipatok‎

Libur Lebaran, PAD Sektor Pariwisata Bantul Lampaui Rp1,6 MiliarIlustrasi pengunjung Pantai Parangtritis, Bantul. (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Kepala Seksi Promosi dan Informasi Wisata Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Adi, mengatakan jumlah tersebut sudah melampaui target kunjungan wisatawan pada libur Lebaran, yakni 150 ribu wisatawan atau PAD Rp1,5 miliar.

"Sudah melewati target yang dipatok oleh Dinas Pariwisata Bantul," katanya, Sabtu (7/5/2022).

2. Kunjungan wisatawan terbanyak pada H+3 Lebaran atau Kamis (5/5/2022)‎

Libur Lebaran, PAD Sektor Pariwisata Bantul Lampaui Rp1,6 MiliarTPR Induk Pantai Parangtritis. (IDN Times/Daruwaskita)

Pria yang akrab disapa Ipung ini mengatakan kunjungan wisata paling banyak terjadi pada H+3 Lebatan atau Kamis (5/5/2022) yang mencapai 45.361 orang. Destinasi pantai khususnya Pantai Parangtritis menjadi yang paling banyak dikunjungi dan penyumbang PAD terbanyak.

"Ya, Pantai Parangtritis tetap menjadi tempat paling favorit dikunjungi wisatawan," ungkapnya.

Menurutnya, jumlah wisatawan yang berkunjung di Bantul dimungkinkan masih bertambah. Sebab, banyak wisatawan yang berkunjung ke objek wisata yang dikelola oleh masyarakat atau kelompok sadar wisata yang retribusi tiket masuknya tidak disetor ke Pemda.

"Bisa tembus 200 ribu wisatawan jika diakumulasikan dengan wisatawan yang berkunjung ke objek wisata yang dikelola olah masyarakat ataupun pihak swasta," tuturnya.

3. Berharap pandemi segera berakhir dan berganti dengan endemi‎

Libur Lebaran, PAD Sektor Pariwisata Bantul Lampaui Rp1,6 MiliarIlustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Lebih jauh Ipung mengatakan banyaknya wisatawan yang datang ke Bantul ini menjadi sinyal yang bagus untuk kebangkitan sektor pariwisata di Bumi Projotamansari. Harapannya, pandemik COVID-19 segera berganti ke endemi sehingga masyarakat bisa kembali hidup normal dengan gaya hidup yang baru yang lebih sehat.

"Ya harapan kita jangan sampai karena libur Lebaran ini kasus COVID-19 kembali naik dan level PPKM juga naik kembali sehingga ada berbagai pembatasan aktivitas," tuturnya.

Baca Juga: Hari Pertama Lebaran, 8 Ribu Wisatawan Kunjungi Tempat Wisata Bantul

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya