Libur Maulid Nabi, 10 Ribu Turis Padati Pantai Parangtritis

Kenaikan kunjungan wisatawan hingga 3 kali lipat

Bantul, IDN Times - ‎Libur Maulid Nabi Muhammad SAW 1455 H yang jatuh pada tanggal 28 September 2023 turut mendongkrak jumlah wisatawan ke Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul. Wisatawan yang berkunjung tercatat mencapai 10 ribu orang.

1. Kunjungan wisatawan mencapai lebih dari 10 ribu orang‎

Libur Maulid Nabi, 10 Ribu Turis Padati Pantai ParangtritisTPR Pantai Parangtritis Kabupaten Bantul. (IDN Times/Daruwaskita)

Kasi Promosi dan Informasi Wisata Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Markus Purnomo Adi, mengatakan kunjungan wisatawan ke Pantai Parangtritis pada hari libur Maulid Nabi Muhammad SAW, Kamis (28/9/2023) hingga pukul 18.00 WIB, mencapai 10.145 wisatawan. Jumlah tersebut melonjak lebih dari 200 persen atau 3 kali lipat dibandingkan hari biasa.

"Pada hari biasa kunjungan wisatawan ke Pantai Parangtritis sekitar 3 ribuan wisatawan," katanya, Sabtu (30/9/2023).

2. Tak ada atraksi wisata di Pantai Parangtritis‎

Libur Maulid Nabi, 10 Ribu Turis Padati Pantai ParangtritisPengunjung objek wisata Pantai Parangtritis Bantul. (IDN Times/Daruwaskita)

Menurut pria yang akrab disapa Ipung ini, pihaknya tidak mengadakan atraksi wisata khusus untuk libur Maulid Nabi di objek wisata Pantai Parangtritis dan Pantai Depok. Peningkatan kunjungan wisatawan ini terjadi karena tanggal merah atau libur Maulid Nabi memberikan kesempatan bagi para wisatawan untuk mengambil cuti pada hari Jumat (29/9/2023), sehingga mereka dapat menikmati liburan yang cukup panjang hingga hari Minggu (1/10/2023) besok.

"Mungkin karena ada hari 'kejepit' kemudian wisatawan mengambil cuti kerja dan memanfaatkan liburan ke Bantul khususnya ke Pantai Parangtritis," terangnya.

Baca Juga: Kera Ekor Panjang Jarah Tanaman Warga di Mangunan Bantul

3. Sempat terjadi antrean mobil hingga bus wisata di TPR Induk Pantai Parangtritis

Libur Maulid Nabi, 10 Ribu Turis Padati Pantai ParangtritisKasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry. (Dok. Polres Bantul)

Sementara, Kasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry, mengatakan saat libur Maulid Nabi diakui ada antrean panjang kendaraan bermotor baik mobil pribadi maupun bus wisata di sepanjang Jembatan Kretek 1 hingga tempat pemungutan retribusi (TPR) induk Pantai Parangtritis. Namun tidak sampai terjadi kemacetan.

"Memang antrean mobil pribadi dan bus wisata cukup panjang tapi tidak sampai terjadi kemacetan. Itu fenomena biasa saat ada libur panjang akhir pekan," ucapnya.

"Semuanya bisa terurai oleh petugas yang ada dan arus balik wisatawan ketika terjadi kemacetan di sekitar Jembatan Kretek 1 maka arus dialihkan melalui Jembatan Kretek 2," tambahnya lagi.‎

Baca Juga: Kabut Tebal, Nelayan Pantai Samas Bantul Gagal Melaut

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya