Comscore Tracker

Kaesang-Erina Nikah, Hotel Bintang di Bantul Tak Kecipratan Rezeki

Tamu hotel yang menginap sebagian besar wisatawan

Bantul, IDN Times - ‎Pernikahan Kaesang dengan Erina yang akan berlangsung pada Sabtu (10/12/2022) di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo, Kabupaten Sleman, tidak berpengaruh banyak pada tingkat okupansi atau tingkat keterisian kamar hotel di Kabupaten Bantul. Meski begitu, kamar hotel di Bantul sudah terisi oleh wisatawan.

1. Kaesang-Erina nikah, kamar hotel bintang di Bantul full booking‎

Kaesang-Erina Nikah, Hotel Bintang di Bantul Tak Kecipratan RezekiKetua PHRI Bantul, Yohanes Hendra.(IDN Times/Daruwaskita)

Ketua Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Bantul, Yohanes Hendra Dwi Utomo mengatakan sejak awal bulan November 2022 hotel bintang yang ada di Bantul sudah full booking. Namun demikian, tamu yang menginap tidak terkait dengan kegiatan pernikahan Kaesang dan Erina.

"Keterisian kamar hingga 100 persen itu bahkan akan berlangsung hingga akhir bulan Desember dan awal tahun baru. Jadi kalau ada pengaruhnya pernikahan Kaesang dan Erina juga sangat sedikit," ucapnya, Jumat (9/12/2022).

Baca Juga: Libur Nataru, Kamar Hotel di Bantul Full pada Akhir Pekan

2. Tamu yang menginap sebagian besar adalah wisatawan

Kaesang-Erina Nikah, Hotel Bintang di Bantul Tak Kecipratan RezekiIlustrasi tamu menginap di hotel. (Instagram/@patra.semarang)

Hendra menyatakan tamu undangan pernikahan Kaesang-Erina di Yogyakarta jumlahnya juga terbatas. Dilihat dari lokasi rumah dan tempat pernikahan di wilayah Sleman, maka tamu akan lebih memilih menginap hotel bintang yang ada di Sleman. Apalagi tempat pernikahan Kaesang dan Erina di Hotel Royal Ambarrukmo.

"Ya yang jelas hotel yang pasti penuh ya Hotel Royal Ambarrukmo dan sekitarnya. Penuh dengan tamu dari kedua mempelai," ucapnya.

3. Sejak awal November, hotel bintang di Bantul penuh‎ setiap akhir pekan

Kaesang-Erina Nikah, Hotel Bintang di Bantul Tak Kecipratan RezekiKepala Seksi Promosi dan Pelayanan Informasi Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Adi. (dok. istimewa)

Sementara, Kasi Promosi dan Informasi Wisata Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Adi, juga mengatakan setiap akhir pekan tingkat hunian hotel di Bantul sudah diatas 80 persen bahkan ada yang mencapai 100 persen. Namun, tamu yang menginap merupakan wisatawan atau tamu yang sedang melakukan kegiatan pertemuan serta wisatawan.

"Toh kalau ada tamu dari pernikahan Kaesang-Erina juga sedikit. Pernikahan di Yogya kan hanya dihadiri sedikit tamu. Hanya ratusan, kan. Berbeda jika nanti perayaan di Surakarta yang akan dihadiri ribuan tamu," ucapnya.

Baca Juga: Mantan Bupati Bantul Dapat Amanah Antar Air Siraman Kaesang

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya