Jenazah Dubes M Prakosa akan Dimakamkan Berdampingan dengan Orangtua

Jenazah diperkirakan tiba di Bantul besok Sabtu

Bantul, IDN Times - Jenazah Dubes RI untuk Italia, M. Prakosa, yang meninggal dunia pada selasa (17/1/2023) akan dimakamkan di Kabupaten Bantul.
Persiapan pemakaman politikus PDI Perjuangan itu sudah dilakukan di rumah duka di Padukuhan Gresik, Kalurahan Sumbermulyo, Kapanewon Bambanglipuro. Hanya hingga kini belum ada kepastian waktu pemakaman mantan Menteri Pertanian era Presiden Abdurrahman Wahid dan Menteri Kehutanan era Presiden Megawati Soekarnoputri itu.

Perwakilan dari DPP PDI Perjuangan, Djarot Saifulah Hidayat mendatangi rumah duka untuk memastikan kesiapan dalam penyambutan jenazah politisi PDI Perjuangan tersebut.

1. Pengurus PDIP Bantul diinstruksikan untuk mempersiapkan pemakaman

Jenazah Dubes M Prakosa akan Dimakamkan Berdampingan dengan OrangtuaPersiapan pemakaman M.Prakosa di Bantuk.(Dok.Istimewa)

Ketua DPRD Bantul, sekaligus Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bantul, Hanung Raharjo mengatakan PDI Perjuangan Bantul sudah dinstruksikan DPP PDI Perjuangan untuk memfasilitas proses pemakaman jenazah M. Prakosa.

Rencananya, pemakaman akan dilakukan secara kepartaian. Hanya saja sampai hari ini belum mendapatkan kepastian kapan jenazah M. Prakosa akan tiba di rumah duka.

"Kami terus berkoordinasi dengan pihak keluarga dari Almarhum M. Prakosa namun informasi pasti kedatangan jenazah masih belum bisa dipastikan," katanya, Jumat (20/1/2023).‎

2. Acara doa digelar di rumah duka

Jenazah Dubes M Prakosa akan Dimakamkan Berdampingan dengan OrangtuaPendopo rumah duka Almarhum M.Prakosa.(IDN Times/Daruwaskita)

Hanung menjelaskan persiapan dari tenda, kursi buat tamu undangan yang akan melayat hingga mobil ambulans sudah siap.

"Sejak beberapa malam ini pasca meninggalnya M. Prakosa, rumah duka juga dilakukan doa. Satgas PDI Perjuangan juga berjaga selama 24 jam di rumah duka serta pos ronda di Padukuhan Gresik untuk sementara dialihkan ke rumah duka," ucapnya.

Baca Juga: Dubes M Prakosa akan Dimakamkan di Pemakaman Keluarga Bantul    

3. Dimakamkan berdampingan dengan orangtua Prakosa

Jenazah Dubes M Prakosa akan Dimakamkan Berdampingan dengan OrangtuaDjarot Saiful Hidayat datangi kediaman M.Prakosa.(Dok.Istimewa)

Hanung juga memastikan untuk liang lahat semuanya juga sudah disiapkan. Jenazah nantinya dimakamkan berdampingan dengan makam kedua orangtuanya.

"Semuanya sudah hampir 100 persen siap. Tinggal menunggu kedatangan jenazah saja," ucapnya.

Hanung menambahkan DPP PDI Perjuangan yang diwaliki oleh Djarot Saiful Hidayat didampingi oleh anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI, HM. Idham Samawi, serta Ketua DPD PDI Perjuangan DIY, Nuryadi juga menyambangi rumah duka M. Prakosa untuk memastikan kesiapan dalam menyambut kedatangan jenazah M. Prakosa hingga pemakaman nantinya yang dilakukan secara kepartaian.

"Tadi Pak Djarot sempat berbincang dengan kita terkait kesiapan pemakaman hingga meninjau langsung liang lahat untuk peristirahatan terakhir M. Prakosa," katanya.‎

Baca Juga: Strategi Pemda DIY dan Bank Indonesia Kurangi Kemiskinan di Jogja   

Daruwaskita Photo Community Writer Daruwaskita

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya