Jadi Sarang Ribuan Kelelawar, Atap Pendopo Parasamya Bantul Ambrol 

Pendopo tersebut sudah berusia 25 tahun

Bantul, IDN Times – Atap sisi utara Pendopo Parasamya Pemkab Bantul ambrol pada Rabu (14/8) sekitar pukul 11.30 WIB. Beruntung, tidak ada kegiatan di pendopo pada saat kejadian.

1. Genting hingga kerangka atap pendopo berjatuhan

Jadi Sarang Ribuan Kelelawar, Atap Pendopo Parasamya Bantul Ambrol IDN Times/Daruwaskita

Dari pantauan IDN Times di lokasi, atap tampak runtuh bersama dengan kayu usuk dan reng. Genting juga berhamburan di sisi utara Pendopo Parasamya. Dari lubang menganga di atap, tampak kelelawar beterbangan.

Kawanan kelelawar itu diduga sudah puluhan tahun hidup di balik atap pendopo Parasamya. Bau tak sedap dari kotoran dan kencing kelelawar menyebar di sekitar pendopo.

Baca Juga: PDIP Ingin Pimpinan Alkap DPRD Kabupaten Bantul Proporsional

2. Atap Pendopo Parasamya sudah berusia 25 tahun‎

Jadi Sarang Ribuan Kelelawar, Atap Pendopo Parasamya Bantul Ambrol IDN Times/Daruwaskita

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Bantul Bobot Ariffi'aidin mengatakan robohnya atap sisi utara Pendopo Parasamya Pemkab Bantul diduga karena usia pendopo yang hampir mencapai 25 tahun. Apalagi, atap pendopo digunakan untuk sarang kelelawar yang jumlahnya bisa mencapai ribuan.

"Diduga kuat robohnya pendopo karena faktor usia dan juga karena kotoran serta air kencing kelelawar yang membuat kerang kayu usuk dan reng rapuh sehingga ambrol," katanya, Rabu (14/8).

Petugas dari Dinas Perhubungan langsung memasang garis pengaman di sekitar pendopo agar tidak ada yang mendekat demi keamanan dan keselamatan para ASN dan para tamu.

3. Seluruh kerangka atap pendopo akan dicek untuk mengetahui tingkat kerusakan‎

Jadi Sarang Ribuan Kelelawar, Atap Pendopo Parasamya Bantul Ambrol IDN Times/Daruwaskita

Bobot menjelaskan belum bisa memprediksi apakah rapuhnya kayu usuk dan reng di atap pendopo hanya di sisi utara karena kondisi atap di sisi barat, timur dan selatan juga perlu dicek.

"Kita cek semuanya sebelum diperbaiki yang roboh atau harus direhab total. Saya juga belum tahu biaya yang harus disiapkan untuk perbaikan pendopo karena harus dicek dulu semuanya," ujarnya.

4. Bupati minta atap pendopo diperbaiki dengan kualitas kayu yang lebih baik

Jadi Sarang Ribuan Kelelawar, Atap Pendopo Parasamya Bantul Ambrol IDN Times/Daruwaskita

Sementara, Bupati Bantul Suharsono mengatakan faktor usia dan keberadaan kelelawar dalam atap pendopo diduga menjadi penyebab robohnya atap sisi utara pendopo Parasamanya.

"Ya saya minta cek keseluruhan, jika memang nanti minta diganti semua atapnya ya harus diganti. Jangan sampai usai saya memimpin Bantul ada kejadian atap pendopo runtuh lagi," ungkapnya.

"Kalau ada dana taktis yang bisa dipakai silakan digunakan saja," ujarnya lagi.

Suharsono mengaku sudah meminta kepada pejabat terkait untuk segera menindaklanjuti agar atap pendopo Parasamya segera diperbaiki. Sebab, pendopo sangat vital untuk berbagai acara yang ada di Pemda.

"Yang jelas kalau besok diperbaiki total, bahan kayu juga harus bagus. Jangan kayu kalimantan lagi. Kalau bisa kayu jati biar lebih awet," tuturnya.‎

Baca Juga: Bupati dan Wabup Bantul Beri Pesan ke Anggota DPRD Baru

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You