HUT ke-20, RSPS Bantul Luncurkan 6 Layanan Kesehatan Baru

RSPS kini bisa layanani otopsi jenazah

Bantul, IDN Times - ‎Dalam rangka HUT ke-20, Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati (RSPS) Kabupaten Bantul berupaya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat khususnya bagi warga Bantul. RSPS meluncurkan enam layanan baru. 

1. RSPS ingin jadi pilihan utama masyarakat pada bidang kesehatan

HUT ke-20, RSPS Bantul Luncurkan 6 Layanan Kesehatan BaruLayanan poliklinik di RSUD Panembahan Senopati Bantul.(IDN Times/Daruwaskita)

Direktur Utama RSPS Bantul, dr. Atthobari, mengatakan RSPS terus berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan kesehatan, baik dalam hal jumlah, fasilitas, maupun kualitas. Selain itu pihaknya juga terus menjalin kerja sama yang baik pada internal maupun eksternal. Hal disesuaikan dengan tema HUT RSPS ke-20 yakni 'Terus Bersinergi, Berkembang dan Berprestasi'.

HUT ke 20 RSPS juga akan menjalankan visi misinya rumah sakit, yakni menjadi penyedia pelayanan kesehatan yang betul-betul unggul dan menjadi pilihan utama masyarakat di Bumi Projotamansari bidang kesehatan.

"Kami akan terus melakukan peningkatan pelayanan baik jumlah maupun kualitas menuju sukses pelayanan," katanya, Selasa (21/3/2023).

2. Enam layanan kesehatan baru RSPS Bantul

HUT ke-20, RSPS Bantul Luncurkan 6 Layanan Kesehatan BaruIlustrasi ruang otopsi, IDN Times/ istimewa

Atthobari mengatakan RSPS Bantul meresmikan enam pelayanan baru. Di antaranya pelayanan home care yakni layanan kunjungan rumah. Layanan ini sebenarnya sudah ada namun dikembangkan menjadi lengkap lagi.

Berikutnya, pelayanan sport injury center yang membantu pelayanan cedera olahraga. Pelayanan Intensive Coronary Care Unit (ICCU) atau pelayanan intensif khusus penyakit jantung.

Disusul dengan pembukaan klinik medikolegal yang dapat memfasilitasi kebutuhan pelayanan dalam bidang hukum seperti otopsi dan visum dengan melibatkan dokter spesialis. Pembukaan Exracorporeal Shock Wave Therapy untuk pelayanan non invasif berupa terapi otot dan pengobatan disfungsi ereksi.

"Serta terakhir pengembangan pelayanan medical check-up agar masyarakat bisa mendapatkan pelayanan untuk mengetahui kondisi kesehatannya," ujarnya.

"Dalam peningkatan pelayanan medical check-up ini kami juga perbanyak variasinya dan merupakan langkah antisipasi kami untuk mencegah penyakit lebih parah," tambahnya.

Baca Juga: Pelajar Bantul Deklarasi Diri Anti Geng dan Kejahatan Jalanan

3. RSPS Bantul harus bisa meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Bantul‎

HUT ke-20, RSPS Bantul Luncurkan 6 Layanan Kesehatan BaruBupati Bantul, Abdul Halim Muslih.IDN Times/Daruwaskita

Sementara Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, berharap dengan usia yang ke-20 ini RSPS bisa semakin meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Terlebih RSPS merupakan salah satu aset penting bagi pemerintah maupun masyarakat dalam mendapatkan kesehatan. Dengan demikian, derajat kesehatan masyarakat Bantul semakin meningkat.

"RSPS Bantul diharapkan bisa menyiapkan diri dalam menghadapi berbagai tantangan ke depan yang tidak semakin mudah. Sebab dengan berkembang teknologi dan perubahan gaya hidup masyarakat maka akan pula bertambah permasalahan kesehatan," katanya.‎

Baca Juga: Ini Daftar Objek Wisata Air di Bantul untuk Tradisi Padusan

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya