Comscore Tracker

Gagal jadi Anggota Dewan, Caleg PKB Terima Tali Kasih 

Pemberian uang tali kasih berdasarkan perolehan suara

Bantul, IDN Times - Puluhan calon anggota legislatif DPRD Bantul dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Bantul yang gagal duduk di DPRD Kabupaten Bantul mendapatkan uang tali kasih kasih dari DPC PKB Kabupaten Bantul. Pemberian ini dengan alasan mereka telah berkorban dan membesarkan partai PKB di Bantul. 

Besaran tali asih yang diberikan di DPC PKB Kabupaten Bantul ini dihitung dari jumlah suara "by name" dikalikan Rp10 ribu.  Caleg yang memperoleh suara terbanyak namun gagal menjadi caleg terpilih yaitu Nunut Rubinto mendapatkan tali asih Rp54.110.00 sesuai dengan jumlah suara yang diperoleh. Yang terkecil diterima caleg Tri Wintolo yang mendapatkan Rp280 ribu karena mendapatkan suara "by name"  sebanyak 280 pemilih.

1. Sudah menjadi keputusan caleg PKB yang tidak terpilih akan mendapatkan uang tali kasih‎

Gagal jadi Anggota Dewan, Caleg PKB Terima Tali Kasih IDN Times/Daruwaskita

Bendahara DPC PKB Kabupaten Bantul, Agus Salim mengatakan sesuai dengan hasil rapat DPW PKB DI Yogyakarta maka caleg yang memperoleh suara "by name" namun tidak lolos menjadi anggota DPRD tingkat I atau II maka akan mendapatkan tali asih sebesar Rp10 ribu dikalikan dengan jumlah suara "by name" yang diperoleh caleg PKB baik ditingkat I dan II.

"Kita komitmen dengan keputusan rapat DPW PKB DI Yogyakarta dan setiap caleg yang memperoleh suara "by name" akan diberikan kompensasi sebesar Rp10 ribu per suara yang diperoleh si caleg," katanya kepada IDN Time, Senin (16/9).

Baca Juga: Pers Mahasiswa Dibungkam apa yang Harus Dilakukan? 

2. Caleg terpilih harus keluarkan uang rata-rata Rp50 juta untuk memberikan uang tali kasih‎

Gagal jadi Anggota Dewan, Caleg PKB Terima Tali Kasih 

Agus mengatakan dirinya mengeluarkan uang Rp70 juta lebih untuk memberikan uang tali kasih kepada caleg yang gagal terpilih. Namun jika di rata-rata dari 6 caleg yang terpilih minimal mengeluarkan Rp50 juta untuk uang tali kasih kepada caleg yang gagal terpilih.

"Saya pemilu legislatif tahun 2014 juga gagal dan mendapatkan uang tali kasih, giliran sekarang saya kasih uang tali kasih," ungkapnya.

 

3. Hanya PKB yang memberikan uang tali kasih kepada caleg yang gagal terpilih‎

Gagal jadi Anggota Dewan, Caleg PKB Terima Tali Kasih IDN Times/Daruwaskita

Abdul Halim Muslih Ketua DPC PKB Kabupaten Bantul mengatakan dari sejumlah partai peserta pemilu hanya PKB yang memberikan uang tali kasih kepada caleg yang gagal menjadi anggota DPRD Bantul.

"Yang lainnya mungkin tidak ada ya. Tapi jangan dibilang uang tali kasih ini sebagai obat agar caleg yang gagal terpilih tidak stres. Jangan itu," pesan Halim.‎

Baca Juga: Buletin Mahasiswa Dibredel Sebelum Dibaca...

Topic:

  • Febriana Sintasari

Just For You