Gunungkidul Siapkan Dana Rp55 Miliar untuk Perbaikan 7 Ruas Jalan

Pemkab juga tingkatkan cakupan air bersih bagi warga    

Gunungkidul, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, DIY menyiapkan dana Rp55 miliar untuk memperbaiki tujuh ruas jalan yang mengalami kerusakan. Dari jumalh tersebut, satu ruas berstatus jalan provinsi dan 6 ruas lainnya merupakan jalan kabupaten.

1. Anggaran Rp55 miliar dari Dana Inpres 2023

Gunungkidul Siapkan Dana Rp55 Miliar untuk Perbaikan 7 Ruas Jalanilustrasi uang (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman, Irawan Jatmiko mengatakan, perbaikan jalan ini diusulkan menggunakan Dana Inpres Bina Marga dan diakomodir melalui kegiatan Satuan Kerja Pelaksana Jalan Nasional (Satker PJN)

“Pembangunan tujuh ruas jalan dianggarkan Rp55 miliar melalui Dana Inpres 2023,” kata Irawan, Kamis (9/2/2023).

2. Lokasi ruas jalan diperbaiki

Gunungkidul Siapkan Dana Rp55 Miliar untuk Perbaikan 7 Ruas JalanIlustrasi pembangunan pelebaran jalan (IDN Times/Dhana Kencana)

Jalan kabupaten yang diperbaiki di antaranya adalah Jalan Gading - Karangtengah sepanjang 1,4 km. Jalan Jatiayu - Gunungbang sepanjang 3 km. Jalan simpang tiga Kulwo - simpang tiga Karanganom sepanjang 0,55 km.

Selanjutnya adalah Jalan Umbulrejo - Genjahan sepanjang  1,8 km. Jalan Gesing - Panggul sepanjang 1,64 km. Jalan Sp. Sadeng -- Sp. Songbanyu sepanjang 1 km.

“Untuk ruas jalan provinsi di Jalan Gading – Playen dimulai dari pertigaan Gading ke arah selatan sampai dengan Pasar Playen, sepanjang 2,3 mm,” paparnya.

 

Baca Juga: Guru Pelaku Pelecehan Seksual di Gunungkidul Terancam Dipecat

3. Tingkatkan cakupan air bersih bagi warga

Gunungkidul Siapkan Dana Rp55 Miliar untuk Perbaikan 7 Ruas JalanIluatrasi air bersih pasokan dari perusahaan daerah air minum (IDN Times/Ervan)

Selain membangun infrastruktur jalan, di tahun 2023 dilakukan peningkatan cakupan air bersih bagi warga Gunungkidul melalui kerja sama dengan Balai Prasarana Permukiman Wilayah DIY. Irawan menjelaskan, pembangunan instalasi pengolahan air minum Seropan akan menambah kapasitas semula 110 liter/detik menjadi 210 liter/detik. 

“Pembangunan akan menelan biaya Rp43.720.550.000. Tambahan kapasitas baru ini menambah cakupan layanan di Kapanewon Semanu, Karangmojo, Ponjong, Ngawen, Semin dan Rongkop." terang Irawan. 

Bupati Gunungkidul Sunaryanta menyatakan, peningkatan cakupan air bersih ini diharapkan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. 

“Tidak hanya tahun 2023, di tahun 2024 kita usulkan penambahan peningkatan cukupan air bersih nilianya mencapai Rp100 miliar. Akan kita fokuskan ke wilayah selatan juga,” katanya.

Baca Juga: 12 Hotel Berbintang di Gunungkidul, Suasananya Bikin Betah!

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya